Secara Bersamaan Gubri dan Bupati Rohil Afrizal Sintong Resmi Buka MTQ ke XL Provinsi Riau


Dibaca: 1291 kali 
Minggu,24 Juli 2022 - 12:20:42 WIB
Secara Bersamaan Gubri dan Bupati Rohil Afrizal Sintong Resmi Buka MTQ ke XL Provinsi Riau

BAGANSIAPIAPI – Gubri Membuka MTQ ke XL Provinsi Riau didampingi Bupati Rohil Afrizal Sintong di Bagansiapiapi, Gubernur Riau (Gubri) H. Syamsuar, M.Si membuka perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XL (40) tingkat Provinsi Riau tahun 2022 secara resmi.

Acara berlangsung di Taman Budaya Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil, Minggu (24/7/2022) malam.

Pembukaan MTQ ke Ke XL Provinsi Riau ditandai dengan penekanan sirine secara serentak oleh Gubri Syamsuar bersama Bupati Rohil Afrizal Sintong, Wakil Bupati Rohil H Sulaiman, mantan Menteri Agama RI Prof. DR. H. Said Agil Husen Al Munawar, Lc.,MA, mantan Gubri H. Arsyad Juliandi Rahman dan H. Wan Abu bakar, Anggota DPRD RI H. Syamsurizal dan sejumlah pejabat lainnya.

Penekanan sirine pembukaan MTQ ke XL Provinsi Riau juga dibarengi dengan penabuhan bedug oleh seluruh Bupati dan Walikota Se Provinsi Riau.

Sebelumnya Gubri dan Bupati Rohil serta tamu undangan menyaksikan defile kafilah 12 kabupaten dan kota yang di awali dengan kafilah dari Kabupaten Kampar sebagai juara bertahan MTQ Provinsi Riau ke 39 tahun 2019 dan di akhiri dengan kafilah Kabupaten Rohil selaku tuan rumah.

Seluruh rangkaian acara pembukaan disambut antusias oleh masyarakat Rohil dan daerah lainnya yang berkesempatan hadir, ribuan masyarakat tampak hadir memadati area Taman Budaya Bagansiapiapi, Rohil.

Bupati Rohil Afrizal Sintong yang di daulat menyampaikan sambutan pertama mengatakan bahwa MTQ ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi, namun juga merupakan sarana silaturahmi bagi seluruh kafilah se Provinsi Riau.

“Atas nama Pemda dan masyarakat kami menyampaikan ucapan selamat datang kepada qori dan qoriah se Provinsi Riau di Bagansiapiapi. MTQ ini tidak semata untuk bertanding dan membaca alquran saja, juga sebagai ajang silaturahmi antar sesama dan memperkuat ukhuwah Islamiyah,” tutur Bupati.

Bupati menuturkan, sebagaimana yang di imani bersama, kitab suci alquran merupakan sebagai tuntutan bagi umat manusia dan menjadi pedoman hidup bagi umat islam serta memberikan pencerahan bagi siapa saja yang membacanya.

“Melalui alquran kita dapat mengetahui rahasia alam yang ada. Islam itu menolak kebencian dan fitnah dan selalu mengagungkan persatuan dan kesatuan serta toleransi,” jelas Bupati.

Bupati mengucapkan ucapkan selamat bermusabaqoh kepada seluruh kafilah dan berharap dengan musabaqoh ini dapat menghadirkan qori dan qoriah yang handal.

“Karena para pemenang nantinya akan menjadi duta atau wakil Provinsi Riau pada pelaksanaan MTQ ke 22 tingkat Nasional yang akan berlangsung di Kalimantan Selatan,” terangnya.

Kepada para kafilah yang akan bertanding, Bupati mendoakan senantiasa diberkahi dan mendapat prestasi yang gemilang. Kepada masyarakat Rohil mari sambut seluruh tamu kota yang datang dengan memberikan pelayanan yang baik.

“Kami juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dan bertungkus lumus dalam menyukseskan perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau di Bagansiapiapi,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Gubri H. Syamsuar dalam sambutannya mengatakan, Provinsi Riau memiliki budaya melayu yang dimana melayu sangat identik dengan islam, namun kuantitas tanpa dibarengi kualitas yang sepadan maka akan sulit tercapai.

“Sehingga, perbaikan kualitas wajib di lakukan. Melalui MTQ ini kita berupaya agar alquran senantiasa di pelajari dan diamalkan agar tumbuh keinginan dalam mempelajari alquran,” ujar Gubri sebelum menekan sirine membuka secara resmi pembukaan MTQ.

Menurut Gubri, tujuan pelaksanaan MTQ ini memang prestasi adalah utama, tapi disamping itu syiar islam juga sangat penting.

Pada tahun 2022 ini MTQ ke 40 tingkat Provinsi Riau di amanahkan dilaksanakan di Rohil setelah beberapa tahun sebelumnya pelaksanaan MTQ tidak dapat dilakukan karena pandemi Covid-19 dan ini merupakan perdana dilaksanakan.

“Oleh karena itu kita patut bersyukur kepada Allah dan mari kita syiarkan alquran di negeri ini melalui MTQ. Selamat bermusabaqoh, berlomba, semoga MTQ bisa terlaksana dengan baik sesuai harapan. Kesuksesan menjadi motivasi masyarakat muslim, khususnya masyarakat muda agar giat mengaplikasikan nilai Al -Quran,” pungkas Gubri.

Pembukaan MTQ XL tingkat Provinsi Riau itu juga dihadiri Danrem 031/WB diwakili oleh Kasilog Korem 031/WB Kolonel Cpl R. Wahyu WGS, Dan Lanal Dumai yang diwakili oleh Palaksa Lanal Dumai Letkol Laut (PM) Prianto SH.MH, Kapolda Riau diwakili Dir Binmas Polda Riau AKBP Wendry Purbiantoro SH, Bupati dan Walikota se Provinsi Riau, Forkompinda Kabupaten Rohil dan berbagai unsur lainnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan Piala Bergilir MTQ Provinsi Riau dari juara bertahan Kabupaten Kampar kepada tuan rumah Rohil oleh Plt Bupati Kampar Kamsol kepada Bupati Rohil Afrizal Sintong.(nt/alkaf)

 


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :