*Atasi Banjir

Pemkab Rohil Akan Perbanyak Pembangunan Embung


Dibaca: 16681 kali 
Sabtu,13 Februari 2016 - 17:26:26 WIB
Pemkab Rohil Akan Perbanyak Pembangunan Embung Bupati Suyatno

BAGANSIAPIAPI - Untuk mengantisifasi bencana banjir dipusat ibukota Kabupaten, Pemkab Rohil berencana akan memperbanyak pembangunan Embung dikelurahan Bagan Timur (Batim), Kecamatan Bangko. Pasalnya, jika memasuki musim penghujan dikelurahan Batim ini sering digenangi air dan telah menjadi langganan tetap bencana banjir setiap tahunnya.

"Setiap tahunnya dikelurahan Batim sering digenangi air, hal ini dikarenakan kencangnya arus air dari hutan dan tersumbatnya beberapa drainase yang ada Sehingga air itu tidak bisa mengalir kesungai. Untuk itu kita akan membangun embung sebanyak mungkin dari sejak dini agar nantinya bisa melihat tingginya debit air, "kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp, Jumat (12/2) di Bagansiapiapi.

Dikatakan, Lahan milik pemda yang terletak dijalan selamat ujung dalam waktu dekat akan dibangun embung. Kita telah minta kepada Dinas Bina Marga dan pengairan (DBMP) Rohil untuk meninjau lokasi sekaligus memulai pembangunannya.

Selain itu sebutnya, lahan milik pemkab Rohil lainnya yang terdapat dikelurahan Batim seperti dijalan siak, jalan Bahagia juga akan dibangun embung, hal ini dilakukan guna melihat debet air jika memasuki musim penghujan, "ujarnya.

Embung yang nantinya dibangun itu kedalamannya lebih kurang 5 meter dari permukaan tanah. "embung sangan perlu dibangun, sehingga memasuki musim hujan akan mampu menampung air sekaligus sebagai daerah resapan untuk mengurangi serta menampung debit air. Selain itu, embung juga mampu dan berfungsi untuk menampung air hujan untuk mengantisifasi kekeringan dimusim kemarau, "pungkasnya. (adv/hms/met)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :