*Tingkatkan Pelayanan

Puskesmas Palika Miliki Poli Penyakit Tidak Menular


Dibaca: 23493 kali 
Rabu,17 Februari 2016 - 09:43:14 WIB
Puskesmas Palika Miliki Poli Penyakit Tidak Menular

PANIPAHAN - Pusat Kesehatan Masyrakat (Puskesmas) Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) kini telah memiliki layanan poli khusus penyakit tidak menular atau poli PTM. Para petugas yang ditempatkan dipoli PTM itu akan terus diberikan pelatihan agar kedepannya lebih mampu memberikan pelayanan terbaik dan maskimal kepada masyrakat.

"dipoli PTM itu nantinya akan kita tempatkan petugas sebanyak 5 orang yakni 1 orang dokter, 2 Perawat, 1 analisis, dan 1 petugas gizi, "kata Kapus Panipahan, Dr Hj Netty Juliana, Selasa (16/2) melalui sambungan selulernya. Saat ini poli PTM telah banyak dikunjungi masyrakat, karena poli PTM ini menangani penyakit hipertensi, radang sendi, lambung, diabetes Mellitus, jantung, asma,tumor, Stroke, dan kecelakaan lalu lintas, "terangnya.

Menurut Netty, penyakit tidak menular merupakan kematian terbanyak di Indonesia, karena faktor perilaku gaya hidup 80% baik individu maupun masyarakat. sementara faktor usia dan keturunan masing masing hanya 10%. Umumnya penyakit ini diketahui setelah stadium lanjut saat kita terserang penyakit tersebut.

Untuk pencegahan penyakit tersebut adalah dengan memeriksakan diri secara rutin ke puskesmas terdekat, ada maupun tidak ada keluhan harus rutin memeriksakan kesehatan seperti timbang berat badan untuk memonitor obesitas, ukur tekanan darah untuk monitor hipertensi, lakukan iva untuk deteksi dini kanker rahim, lakukan sadari untuk deteksi kanker payudara, "ujarnya.

Untuk Pencegahannya harus batasi kelebihan penggunaan garam, lemak, gula dalam makanan, modifikasi gaya hidup sehat meningkatkan kualitas asupan kalsium, serat, magnesium dinamakan pola diet sehat atau dash dietary approaches to stop hypertension. "Jangan mengkonsumsi makanan instan dan siap saji yang mengandung garam, gula, lemak jenuh yang sangat membahayakan tubuh, Tidak merokok karena dapat mengakibatkan kanker paru, "sarannya.

"Untuk itu semua warga kecamatan palika dihimbau agar jangan sungkan ke puskesmas untuk memeriksakan kesehatan sejak dini dan jagalah sehat sebelum sakit, jagalah masa muda sebelum memasuki masa tua." Ujarnya.

Selain itu pelayanan dipoli PTM pasien datang diukur tinggi badan, berat badan, vital sign dan diberikan penyuluhan pada pasien tentang penyakit yang dideritanya. "Untuk penyakit DM bagi peserta BPJS secara berkala setiap bulan kita periksa KGD secara gratis, begitu juga penyakit asam urat dan kolesterol tinggi, "pungkas Netty. (adv/hms/met)
 


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :