Mantap...., Parit Bepak Dijadikan Jalan Alternatif Ibukota


Dibaca: 19812 kali 
Rabu,02 Maret 2016 - 13:54:10 WIB
Mantap...., Parit Bepak Dijadikan Jalan Alternatif Ibukota Bupati saat melakukan peninjauan parit bepak di jalan Siak Bagansiapiapi

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) selain menjadikan Parit Bepak sebagai tempat objek wisata andalan, juga akan menyulap lokasi tersebut sebagai jalan alternatif menuju pusat ibukota Rohil. Pasalnya jalan pahlawan yang selama ini dijadikan sebagai jalan alternatif sudah sangat padat dan kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi.

"tahun ini telah kita programkan pembangunan dan pelebaran parit bepak yang sebelumnya hanya berukuran 6 meter menjadi 20 meter. Bagi pemilik lahan yang ada disekitar parit bepak lahannya akan kita bersihkan dengan catatan tidak meminta ganti rugi atas pelebaran jalan tersebut, "kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp, Senin (29/2) saat meninjau normalisasi Parit bepak, dijalan Siak Ujung, Bagansiapiapi.

Dijelaskan, Parit Bepak ini pada tahun 2010 lalu telah pernah kita buat bodi jalannya dengan ukuran 6 meter. Namun pengerjaan jalan tersebut terhenti dikarenakan terjadinya bencana banjir. "makanya tahun ini kita lanjutkan kembali pengerjaannya dengan meminta lurah Bagan Timur mengumpulkan pemilik lahan untuk bermusyawarah terhadap pembangunan jalan alternatif menuju pusat ibukota tersebut, "katanya.

Selain meminta Lurah mengumpulkan pemilik lahan dirinya juga mengintruksikan kepada Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Rohil secepatnya menurunkan alat beratnya agar lahan tersebut bisa secepatnya dibersihkan. "kita minta DBMP untuk segera membersihkan lahan sebelum dilakukan pembekooan, karena saya sangat berkeyakinan pemilik lahan tidak akan minta ganti rugi, "ujarnya Suyatno Optimis.

Dilanjutkan, Pelabaran jalan sepanjang 20 meter itu dilakukan selain pengembangan pariwisata, jalan alternatif juga bertujuan untuk mencegah terjadinya bencana banjir. "setiap tahunnya warga jalan siak sering terendam banjir. Parahnya lagi, ada warga menjalankan aktifitas sehari-hari dengan menggunakan sampan dayung seperti mengantar anaknya kesekolah. Makanya kita berharap dengan dibukanya parit bepak ini kedepannya jalan siak ini bisa terbebas dari banjir, "harapnya.

Selain itu, Pemkab Rohil nantinya juga akan membangun cafe disepuran parit Bepak yang tujuannya agar daerah itu cepat ramai dan berkembang. Kemudian memperingati hari ulang tahun (Hut) Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya kita akan membuat semacam pertandingan permainan rakyat diparit bepak seperti lomba dayung sampan, lomba tangkap itik diair, lomba pukul bantal diair dan perlombaan menarik lainnya, "tutur Suyatno.

Agar hal ini terealisasi dirinya mengingatkan instansi terkait seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), DBMP, CKTR, dan instansi terkat lainnya agar benar-benar menjalankan program ini dengan baik. "ingat mulai besok (selasa'red) alat berat sudah Stanbay diparit bepak ini, apabila instansi terkait tidak menjalankan program ini maka akan saya berikan sangsi yang tegas, "ancamnya.

Peninjauan Normalisasi Parit Bepak dijalan siak ujung itu turut dihadiri oleh  Kepala Bappeda Rohil HM Job Kurniawan AP Msi, Plt Kadis DBMP Rohil Jon Syafrindow, Kadis CKTR Suwandi S Sos, Kadis DKPP Ibus Kasri ST, Kadistanak Rohil Ir Muslim, Sekretaris DKPP Rohil Iwan Kurnia SE,  Kabag Humas Setdakab Rohil Hermanto S Sos, Kabag Protokoler H Saiman Amp, Lurah Bagan Timur Robby Kurniawan, dan beberapa pejabat penting pemkab Rohil lainnya. (adv/hms/met)
 


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :