*Kerjasama Dengan KW

Kukerta UNRI di Rohil Bangun Rumah Pangan Lestari


Dibaca: 8018 kali 
Rabu,27 Juli 2016 - 23:50:52 WIB
Kukerta UNRI di Rohil Bangun Rumah Pangan Lestari

BAGANBATU - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta/KKN) Universitas Riau menggelar gotong royong bersama dengan Kelompok Wanita (KW) Kenanga dalam mendirikan Rumah Pangan Lestari (RPL). kegiatan ini dilaksanakan di Jalan R.A Kartini Sukatani I, Kelurahan Baganbatu Kota, RT 1/RW 8, Kecamatan Bagansinembah, Selasa (26/7/2016).

Terwujudnya kegiatan pembuatan Rumah Pangan Lestari ini dari bantuan dana APBD sebesar 15 juta yang telah diberikan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir kepada Kelompok Wanita Kenanga yang telah di ajukan proposalnya sejak enam bulan yang lalu.

Demikian disampaikan Ketua Kelompok KKN, Endang. menurutnya, kegiatan tersebut sejak enam bulan lalu telah di impikan kelompok wanita kenanga dengan mengajukan proposal, namun baru sekarang bisa dilaksanakan.

Pembuatan kebun bibit desa ini sebagai upaya aktivis kelompok wanita kenanga. Sebagaimana kepercayaan yang telah diberikan pemerintah RPL ini ada dua bagian, yakni Kebun Sayuran Dan Kebun tanaman obat seperti jahe dan lain sebagainya khusus sebagai Laboratorium lapangan tanaman obat. Hasil panen kebun bibit desa ini tentunya dijual dan dimasukkan dalam Kas Tabungan KW Kenanga.

Kegiatan tak hanya dikerjakan oleh KW Kenanga, lima belas Mahasiswa KKN UNRI turut menyukseskan program tersebut. Mereka yang turut membantu KW Kenanga seperti melakukan pemindahan tanah kedalam polibet kurang lebih 300 polibet yang akan di tanam bibit sayur dan bibit tanaman obat. Membantu memindahkan kayu mendorong gerobak berisikan tanah dan lainnya yang bersifat meringankan beban ibu ibu KW Kenanga. Pengerjaan RPL ini dimulai sejak minggu (24/7) dari pagi hingga sore.

Endang selaku Ketua kelompok merasa terbantu atas kehadiran Mahasiswa KKN UNRI dalam upaya ikut mewujudkan ROL, "kami turut berterimakasih apa yang dilakukan mereka terhadap KE Kenanga dan warga Kelurahan BAGANBATU, "Ujarnya.

Sementara itu Mahasiswa KKN UNRI yang terdiri dari 5 laki-laki dan 7 perempuan mendirikan program rumah pintar yang mereka bangun bagi anak sekolah dasar, memberikan ilmu tambahan terhadap anak anak yang ingin belajar kerumah pintar yang mereka dirikan selama mereka menjalankan KKN di kelurahan Bagan Batu Kota.

Lukman yang bertugas sebagai koordinator Mahasiswa KKN di wilayah Kelurahan Baganbatu kota merasa senang. ''Kedatangan kami disambut hangat warga kelurahan bagan batu kota dalam menjalankan KKN 2016 yang berlangsung mulai dari tanggal 18 juli hingga 18 september,'' ujarnya.

Lukman berharap, apa yang diberikan sesuai kemampuan ia dan teman-temanya berharap dapat diterima masyarakat kelurahan bagan batu kota dengan baik, dan juga kedepannya Rumah Pangan Lestari terus berkembang. ''Begitu juga dengan ibu ibu KW Kenanga bisa berkembang pesat,'' harapnya.(rilis/rd)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: redaksi@trikriau.com / trikriau@gmail.com
AVAILABLE ON :