x
Pusat Salurkan Bantuan Alsintan ke Gapoktan Rimba Melintang

Pusat Salurkan Bantuan Alsintan ke Gapoktan Rimba Melintang

Kamis,17 September 2020 - 15:54:57 wib

BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno AMp menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dan sarana produksi (Saprodi) bantuan dari pemerintah pusat, di halaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPP) setempat, Selasa (15/9/2020) sore.

Bupati Suyatno usai acara dikonfirmasi mengatakan bahwa bantuan untuk gapoktan ini berasal dari pusat melalui Pemkab Rohil. Namun demikian, bantuan itu tentunya tidak bisa didapatkan tanpa perjuangan Pemkab Rohil. "Alhamdulillah bantuan yang diinginkan oleh gapoktan sudah tercapai," kata Bupati.

Selain bantuan berupa alat pertanian, pupuk juga ada bantuan kambing untuk gapoktan. "Untuk tanaman padi saya lihat sudah menguning di Kecamatan Rimba Melintang seluas 175 Hakter (Ha). Memang Rohil ini sangat luar biasa potensi pertaniannya. Untuk itu jangan sampai ada yang mengalihfungsikan lahannya ketanaman keras seperti sawit," pesannya sembari mengatakan harga padi menjanjikan ketimbang sawit.

Dikatakan Bupati, saat ini harus diperbanyak tanaman padi dengan memanfatkan lahan tidur milik Pemkab Rohil dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

"Wabah Covid-19 ini kita belum tau kapan berakhirnya. Memang vaksinnya sudah ada, akan tetapi baru bisa digunakan pada April 2021 mendatang. Makanya menjelang itu kita harus bisa mempertahankan kebutuhan pangan kita," kata Suyatno.

Suyatno berharap bantuan yang diberikan pemerintah pusat maupun Pemkab Rohil harus dijaga dan dirawat dengan baik.

"Bantuan akan terus diberikan kepada gapoktan setiap tahunnya. Jadi bagi gapoktan tahun ini sudah dapat, tahun depan tidak dapat lagi, karena disalurkan untuk kelompok lain pula," ujarnya.

Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat karena sudah memperhatikan Rohil lewat dana APBN nya. "Bantuannya sudah sama-sama kita lihat, dan diserahkan kepada masing-masing gapoktan secara utuh," pungkasnya.

Penyerahan bantuan alsintan dan Saprodi itu turut dihadiri Asisten III Setdakab Rohil H Ali Asfar S Sos MSi, Kadis DPP Rohil H Rusli Sarief S Sos, Plt Kadiskominfotik Hermanto S Sos, Anggota DPRD Rohil Krismanto, dan pejabat Pemkab Rohil lainnya.*


BERITA LAINNYA
TUILIS  KOMENTAR
BERITA SEBELUMNYA