x
Bupati Rohil Hadiri Peringatan HAKIN 2023 di Kampar

Bupati Rohil Hadiri Peringatan HAKIN 2023 di Kampar

Rabu,17 Mei 2023 - 20:00:00 wib

BAGANSIAPIAPI, - trikriau.com - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP menghadiri Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) yang diselenggarakan di Kota Bangkinang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Rabu (17/5/2023). 

HAKIN 2023 ini mengusung tema 'Meneguhkan Peran Komisi Informasi Dalam Mengawal Pemilu 2024 Yang Terbuka, Inklusif, dan Informatif'. 

Acara HAKIN 2023 dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Mahfud MD, Ketua Komisi Informasi Pusat RI Donny Yoegiantoro, Wakil Gubernur Riau H Edy Natar Nasution, serta Bupati dan Walikota se Provinsi Riau. 

Bupati Rohil Afrizal Sintong mengucapkan  selamat atas peringatan HAKIN 2023. Bupati Afrizal berharap Komisi Informasi Pusat (KIP) RI komitmen mengawal Keterbukaan Informasi dan menerapkan pelaksanaan UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

"Sesuai tugas dan fungsi KIP memastikan hak informasi publik hingga ke desa, menjamin hak warga negara mengetahui rencana pembuatan program dan kebijakan publik, proses pengambilan kebijakan publik, serta alasan pengambilan kebijakan publik tersebut," kata Bupati Rohil Afrizal Sintong. 

Peringatan HAKIN 2023, harap Bupati, dapat menjadi instrumen utama dalam pelaksanaan pemerintahan yang bersih,  transparan, memerangi praktek korupsi, dan dijadikan acuan keberhasilan dalam pemerintahan. 

Sesuai tema HAKIN 2023, jelas Bupati,   semoga Komisi Informasi Pusat mampu mengawal pelaksanaan Pilpres, Pilkada dan Pileg yang terbuka, inklusif, dan Informatif. 

"Alhamdulillah pada tahun 2022 lalu Pemda Rohil mendapat predikat Pemerintah Daerah Yang Informatif terkait dengan pengelolaan informasi. Penghargaan tersebut diberikan oleh Komisi Informasi Provinsi Riau," katanya. 

Pemda Rohil melalui Dinas Komunikasi, informatika dan Statistik (Diskominfotiks),  lanjut Bupati, akan terus berupaya mewujudkan pemerintahan yang terbuka terhadap informasi publik. 

Bupati Rohil juga menjelaskan bahwa, Diskominfotiks Rohil telah melakukan penilaian dan memberikan penghargaan kepada PPIP pembantu OPD di lingkungan Pemda Rohil yang komitmen terhadap pengelolaan dan memberikan informasi. (rilis/rd)

 


BERITA LAINNYA
TUILIS  KOMENTAR
BERITA SEBELUMNYA