DPRd Akui Belum Ada Laporan Terhadap Kecurangan Pilpeng


Dibaca: 14612 kali 
Senin,25 Juli 2016 - 07:13:56 WIB
DPRd Akui Belum Ada Laporan Terhadap Kecurangan Pilpeng Abu Khoiri

BAGANSIAPIAPI - Sampai hari ini, Komisi A DPRD Rokan Hilir belum ada menerima laporan pengaduan terkait pelaksanaan Pemilihan Penghulu (Pilpeng) 2016.

Demikian disampaikan Ketua Komisi A Abu Khoiri, Senin (25/7). “Sampai hari ini belum ada laporan adanya indikasi pelanggaran pada Pilpeng tahap pertama. Kita harapkan semuanya memang berjalan dengan baik dan lancar,” kata Abu Khoiri.

Lebih lanjut pria yang lebih akrab disapa Aboy ini juga menyarankan, bagi calon kepala desa yang merasa dirugikan dari segi suara dalam proses Pilpeng, diharap mempunyai banyak bukti yang otentik untuk diperiksa dan diproses oleh Komisi A.

Dengan kapasitas Komisi A yang mengatur pemerintahan dan sistimnya, terang Aboy, sudah menjadi kewajiban Komisi A untuk memproses segala sesuatunya.

“Yang penting laporan itu berdasarkan fakta yang akurat di lapangan, jangan hanya praduga saja. Seperti contoh ada pengelembungan suara atau permainan suara, kepada calon yang dirugikan silakan mengajukan tuntutan, atau melapor ke Komisi A. Dengan syarat dan ketentuan yang berlaku juga harus sesuai dengan prosedurnya,” tegas Aboy.

Aboy juga menyadari jika eforia Pilpeng beda jauh dengan Pemilu. Pilpeng murni pesta demokrasi milik warga desa. Sehingga selisih satu suara saja akan jadi masalah cukup besar di kalangan calon dan pendukungnya. ‘’Jangan pula nanti gara-gara masalah satu suara terjadi pertikaian antar pendukung,” katanya.

Disinggung masalah surat suara yang banyak rusak, Aboy mengaku miris. Menurutnya, penyelenggara Pilpeng dan masing-masing panitia Pilpeng, harus bekerja serius. Menurutnya sosialisasi kepada pemilih yang masih kurang gencar, dengan adanya surat suara rusak kesalahan tentu berada pada panitianya.

“Bagi masyarakat kita Pemilu bukan sesuatu hal yang baru lagi, mereka sudah tahu coblos yang sah itu ya kalau tidak di nama, nomor urut ya difoto calon. Terus kenapa Pilpeng ini banyak coblos itu yang dua lobang,” tanya Aboy.

Di sini letak kurang sosialisasi panitia kepada warga. Jika edukasi kepada pemilih sudah dilakukan dengan baik bagaimana cara membuka surat suara, Aboy yakin kerusakan surat suara bisa diminimalisir.(adv/DPRD)
 


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :