DPRD Ajak Warga Dukung Program Pemkab Rohil 2016-2021


Dibaca: 6935 kali 
Selasa,20 September 2016 - 11:42:24 WIB
DPRD Ajak Warga Dukung Program Pemkab Rohil 2016-2021 Suyadi

BAGANSIAPIAPI - Saat ini Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir berupaya untuk meningkatkan APBD. Karena itu, kata Wakil Ketua DPRD Rohil Suyadi, Pemkab perlu mendapat dukungan dari segala pihak. Terlebih lagi Rohil sedang merencanakan untuk menyukseskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk tahun 2016-2021.

Anggaran yang semakin menurun, kata Suyadi, perlu solusi dalam mengantisipasinya. Saat ini daerah sedang menghadapi fase anggaran yang menurun. Hal itu juga berhubung dengan ekonomi nasional yang belum stabil. Tidak heran, kata Suyadi, banyak terjadi PHK yang semakin meningkat, dan lain-lain persoalan bangsa yang belum terselesaikan.

Untuk itu perlu pemikiran semua pihak dalam melanjutkan pembangunan di Kabupaten Rokan Hilir dan diperlukan solusi dalam mengantisipasi menurunnya pendapatan daerah akibat menurunnya dana bagi hasil dari pusat.
Usulan yang dikeluarkan DPRD, Suyadi merincikan daerah bisa melakukan penguatan BUMD dengan pola kerja profesional.

“Seperti dengan cara menarik investor untuk membangun industri hilir di Rohil ini. Serta memanfaatkan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat, sepanjang kewenangan pengelolaannya ada pada kita,” terang Suyadi. Selasa (20/9) di Bagansiapiapi

Selain itu, DPRD meminta kepada pemerintah daerah dalam menyusun pembangunan lima tahun ke depan, harus memperhatikan keinginan masyarakat, proaktif dalam memperjuangkan dana pusat untuk membiayai kegiatan yang bersifat temporer.

Juga untuk kegiatan-kegiatan yang belum terealisasi pada RPJMD yang lalu, terutama dalam pembenahan infrastruktur. Seperti pembangunan Bandara, jalan pesisir Pedamaran-Kubu,jalan Panipahan dan juga jalan Sinaboi-Dumai, mungkin bisa ditinjau kembali.

“Juga untuk peningkatan status jalan provinsi ke jalan nasional, jalan kabupaten menjadi jalan provinsi. Serta sentra produksi pertanian dengan memperluas lahan pertanian tanaman pangan harus diperhatikan. Selain itu juga harus ada perbaikan pada sarana irigasi pada lahan pertanian warga, disertai dengan peningkatan pada pelayanan umum kepada masyarakat,” tutup Suyadi.(adv/DPRD)
 


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :