Dewan Minta Dinsos Pantau Rumah Warga Kena Banjir


Dibaca: 15133 kali 
Selasa,27 September 2016 - 12:07:51 WIB
Dewan Minta Dinsos Pantau Rumah Warga Kena Banjir Maston

BAGANSIAPIAPI - Musim hujan menimbulkan bencana banjir di beberapa tempat di wilayah Rokan Hilir, terlebih yang berada di dekat laut. Karena itu Komisi D DPRD Rohil yang membidangi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat menghimbau kepada petugas kesehatan untuk standby menerima laporan dari masyarakat.

Wilayah yang dekat dengan laut sangat berpeluang mengalami banjir, terlebih lagi beberapa waktu lalu banjir besar telah melanda pemukiman warga. Kendati sudah surut airnya, tapi masalah bibit penyakit yang bisa ditimbulkan dari sisa genangan air bisa mendatangkan masalah juga nantinya.

“Kita harapkan dinas terkait dan juga petugas kesehatan yang sudah ada ditempatkan di desa-desa. Untuk melakukan pengawasan berkala kepada masyarakat kita yang rumahnya terkena banjir. Jangan dibiarkan, nanti malah mendatangkan efek yang lebih buruk,” kata Maston, anggota Komisi D DPRD Rohil. Selasa (27/9)

Menurutnya, pengawasan terhadap warga yang terkena bencana banjir sangat perlu. Dari pengalaman banjir terdahulu, banyak masyarakat yang melaporkan terjangkit penyakit berupa muntah-muntah disertai kepala pusing. Kuat dugaan bibit penyakit muntaber yang berasal dari gigitan nyamuk yang menyerang masyarakat.

“Dari pengalaman kita mendapat laporan dari masyarakat ya terkena penyakit itu. Jadi untuk menghindari bibit penyakit itu menyerang dibutuhkan pengawasan dan pengecekan dari dinas terkait,” tambah Maston.

Kecamatan Bangko, kata Maston, menjadi wilayah paling rentan terkena banjir ketika musim hujan atau pasang besar dari air laut. Dengan keadaan alam seperti ini petugas kesehatan diharap bisa siap sedia melayani laporan dari masyarakat. Bila perlu melakukan pengecekan langsung terhadap warga yang desanya terkena banjir.(adv/DPRD)
 


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :