Pakai Anggaran Daerah, Pembangunan BUMD Harus di Kaji Mendalam


Dibaca: 8076 kali 
Kamis,29 September 2016 - 12:19:28 WIB
Pakai Anggaran Daerah, Pembangunan BUMD Harus di Kaji Mendalam Hendra

BAGANSIAPIAPI  - Adanya wacana Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir membangun pabrik sepatu yang disampaikan Bupati Rohil H Suyatno AMP beberapa waktu lalu, menuai banyak pendapat di tengah masyarakat.

Ketua Komisi B DPRD Rohil Hendra ST mengatakan, rencana Pemda tersebut sebenarnya sangat bagus karena selain dapat menyerap tenaga kerja, juga dapat menambah Penghasilan Asli Daerah (PAD).

Akan tetapi Hendra juga menegaskan, Pemda terlebih dahulu harus melakukan kajian yang lebih mendalam. Baik dari segi pembangunan pabrik, bahan baku serta pemasarannya.

Berhubung untuk pembangunan pabriknya itu dananya berasal dari mana, bahan baku produksi juga berasal dari mana. Selain itu seperti apa jenis pemasarannya yang akan dilakukan.

“Semuanya harus dikaji dengan baik, jangan sampai dana daerah mati di sana nantinya,” kata Hendra.

Semua kajian pendirian pabrik kata ketua Fraksi Gerindra ini lagi, harus melibatkan banyak pihak berhubung nantinya menggunakan dana daerah untuk membangunnya.

Artinya juga harus ada Perda tertentu yang mendompleng kelancaran dari rencana bupati tersebut. Selain itu peran serta BUMD sebagai media utama untuk kelancaran wacana tersebut, saran Hendra juga harus memiliki kredibilitas kajian secara menyeluruh.

Berbagai aspek baik untung maupun rugi sudah harus dikaji dengan baik. Jika saja kajian tidak mendalam dilakukan nanti Hendra khawatir pendirian pabrik itu akan menjadi bomerang bagi daerah sendiri. Berhubung dana yang dihabiskan sudah banyak tetapi untung tidak didapat.

“Jadi semuanya harus dikaji dengan baik. Seperti pembangunan, masalah bahan baku, pemasaran serta kualitas. Agar nantinya dapat berjalan dengan baik. Kalau itu benar kenapa tidak kita dukung,” tutup Hendra.(adv/DPRD)
 


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :