Kades Yang Barus Wajib di Beri Pelatihan Ilmu Pemerintahan


Dibaca: 14737 kali 
Jumat,30 September 2016 - 12:24:44 WIB
Kades Yang Barus Wajib di Beri Pelatihan Ilmu Pemerintahan Abu Khoiri

BAGANSIAPIAP - Ketua Komisi A DPRD Rohil Abu Khoiri mengatakan, memang sudah seharusnya kepala desa yang baru menjalani pelatihan ilmu pemerintahan desa. Berikut dengan segala pola kerja administrasinya.

“Kepala desa kan sebagai ujung tombak awal dari jalannya pemerintahan daerah, sebagai institusi langsung yang berhadapan dengan masyarakat diperlukan penguatan ilmu leadernya,” kata Abu Khoiri. Jumat (30/9) di Bagansiapiapi.

Selain itu pemerintahan desa nantinya juga akan mengeluarkan produk hukum sendiri yang akan mengatur pemerintahan desa. Sesuai dengan kebutuhan hukum yang diperlukan oleh desa bersangkutan.

Seperti Peraturan Desa (Perdes) yang akan disahkan oleh daerah, muatan hukum yang dimiliki oleh Perdes sangat kuat jika memang tepat guna dan sesuai dengan kesepakatan bersama masyarakat.

Saat ini tambah Abu Khoiri masing-masing desa yang sudah dilantik Kadesnya secata defenitif, sedang melakukan berbagai perombakan pada struktur pemerintahannya.

Abu Khoiri menjelaskan, setiap Kades dibebaskan untuk melakukan perombakan dan pembentukan pada stafnya akan tetapi juga dipertimbangkan dari berbagai aspek.

“Semua langkah yang diambil itu harus mempunyai kandungan isi yang kuat, jangan hanya dilakukan untuk proses sementara karena mempertimbangkan keuntungan kelompok saja. Semua harus ada landasan hukum yang kuat,” tambah Abu Khoiri.

Selain belajar pola pemerintahan, pelatihan kepala desa untuk penggunaan ADD dan dana lainnya yang dialokasikan oleh pemerintah untuk desa juga harus sesuai penggunaannya. Jangan sampai dana yang digunakan salah sasaran bisa mendatangkan efek buruk pada desa itu sendiri nantinya.

“Desa harus tampil maksimal dalam segala hal, terlebih lagi sudah dipilih oleh masyarakat secara demokratis. Jadi semuanya sudah harus bagus dalam melaksanakan tugas mulianya untuk mengayomi masyarakat,” tutupnya.(adv/DPRD)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :