Sekolah Tatap Muka di Pekanbaru Akan Kembali Dibuka, Nofrizal Ingatkan Terus Jalankan Protkes Ketat


Dibaca: 1858 kali 
Senin,16 November 2020 - 19:44:19 WIB
Sekolah Tatap Muka di Pekanbaru Akan Kembali Dibuka, Nofrizal Ingatkan Terus Jalankan Protkes Ketat

 PEKANBARU - Mulai hari ini, Senin (16/11/2020), 23 sekolah di Pekanbaru mulai menerapkan sistem pembelajaran tatap muka, setelah beberapa bulan menjalankan pembelajaran secara daring atau online. Menyikapi telah dibukanya pembelajaran tatap muka di 23 sekolah di Kota Pekanbaru tersebut, Ir. Nofrizal MM meminta pihak sekolah menjalankan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Hal Ini sebagai antisipasi munculnya klaster baru penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru.

"Kebijakan ini tentunya disambut baik oleh orang tua dan siswa, karena selama beberapa bulan harus belajar secara daring. Informasi yang kita dapat bahwa pembelajaran tetap dalam waktu yang terbatas yakni hanya 3 jam yang dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Tapi kita tetap ingatkan agar pihak sekolah menjalankan protokol kesehatan secara ketat," ujar Nofrizal, Senin (16/11/2020).

Agar tidak menimbulkan klaster baru penularan Covid-19, Politisi PAN ini mengingatkan pihak sekolah tetap disiplin dan gencar melakukan sosialisasi serta edukasi kepada siswa terkait penyebaran Covid-19, mengingat sebaran siswa disatu sekolah cukup luas atau dari alamat yang berbeda-beda.

"Tidak boleh abai jalankan protokol kesehatan, karena siswa inikan dari alamat yang berbeda, ini pikir buruk saja kalau terjadi klaster sekolah Covid-19 ini tentu akan susah untuk dipantau, tapi mudah-mudahan tidak terjadi jika sekolah lakukan pengawasan secara melekat," ujar Nofrizal lagi.

Nofrizal juga mengingatkan agar pihak sekolah menyiapkan masker untuk siswa agar bisa dimanfaatkan dan diganti setiap harinya ketika sebelum proses belajar mangajar dimulai. Tidak hanya itu, mencuci tangan dan menjaga jarak juga hrus dijalankan.

"Pihak sekolah tidak hanya menyerahkan siswa pakai makser yang dipakai dari rumah, tapi juga sediakan masker yang bisa diganti setiap kali proses belajar dimulai. Tidak hanya itu, di hari pertama belajar tatap muka ini, sekolah kita harapkan berikan materi tentang penyebaran covid dan cara pencegahan, tujuannya agar anak-anak ikut berperan dalam melakukan pencegahan virus corona dan mencegah adanya klaster baru di sekolah," pungkas Nofrizal.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pembelajaran tatap muka untuk 23 SMPN di Kota Pekanbaru dimulai Senin (16/11/2020). Selain mengatur pelaksanaan protokol kesehatan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru juga membagi jadwal masuk tiap tingkatan kelas.

Pelaksana Tugas Kepala Disdik Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas mengatakan, pembelajaran dalam kelas dilakukan hanya selama tiga jam. Tidak ada keluar main dalam sekolah tatap muka ini.

"Kemudian, dibentuk panitia atau tim covid-19 yang akan memantau penerapan protokol kesehatan di sekolah. Misalnya anak-anak permisi keluar kelas untuk ke toilet, ada petugas yang mengantarnya," kata Ismardi.

Di kelas jika biasanya ada empat baris meja, maka saat ini yang akan dipakai hanya dua baris. Setiap meja diberi nama peserta didik. "Yang terpenting itu adalah, adanya surat pernyataan dari orang tua. Jadi orang tua membuat pertanyaan bersedia anak mereka melakukan sekolah tatap muka, dan bersedia mengantar dan menjemput anak tepat pada waktunya," jelasnya.

Sedangkan jadwal sekolah tatap muka, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat. Kelas IX masuk hari Senin, Kelas VIII Rabu, dan Kelas VII hari Jumat. Masing-masing hanya 50 persen dari jumlah peserta didik.

Ismardi menegaskan, selain tingkat SMP dan sekolah yang sudah ditunjuk, Disdik Kota Pekanbaru tidak memperbolehkan sekolah melaksanakan pembelajaran tatap muka dahulu. Jika ada yang menerapkan tanpa izin, maka akan diberi teguran.

"Seiring berjalan sekolah tatap muka, kita juga akan melakukan evaluasi. Jika dirasa aman dan efektif akan dilanjutkan dengan penerapan sekolah tatap muka bagi seluruh SMP negeri," jelasnya.


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :