Pemkab Rohil Ikuti Workshop Pencegahan Stunting dan Penghapusan Kemiskinan Ekstra bersama Menko PMK


Dibaca: 1630 kali 
Kamis,09 Maret 2023 - 19:36:05 WIB
Pemkab Rohil Ikuti Workshop Pencegahan Stunting dan Penghapusan Kemiskinan Ekstra bersama Menko PMK

BAGANSIAPIAPI - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) turut hadir dalam kegiatan workshop pencegahan Stunting dan penghapusan kemiskinan ekstra via zoom meeting bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Kamis (9/3/2023) di lantai delapan kantor Bupati Rohil.

Selain itu, kepala daerah se Provinsi Riau juga hadir melalui zoom meeting masing-masing. Pemerintah Provinsi Riau dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution .

Untuk Rohil, Hadir langsung Bupati  Afrizal Sintong, Ketua PKK Sanimar Afrizal, Kajari Rohil Yuliarni Appy, Sekda Rohil Fauzi Erizal, Dandim 0321, Polres Rohil, serta kepala OPD dilingkungan Pemkab Rohil.

Pada kesempatan itu Bupati Rohil Afrizal Sintong turut memaparkan berbagai penanganan dan langkah yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Rohil dalam melaksanakan pencegahan dan penghapusan kemiskinan ekstra di Kabupaten Rohil.

Sejumlah langkah yang dilakukan untuk penanganan stunting diantaranya, melakukan strategi peningkatan kesehatan ibu dan anak melalui sapa ibu hamil dan balita, upaya peningkatan skrining USG kehamilan portable ibu dan anak,  serta mengoptimalisasi penanganan stunting melalui penyuluhan pada kader wilayah UPT Puskesmas yang ada.

"Tahun 2021 Rohil 29,7 persen, Alhamdulillah turun di 2022 menjadi 14,7 persen," ungkap Bupati Rohil.

Sedangkan untuk kemiskinan ekstrim lanjut Bupati, saat ini masih ada warga yang berpenghasilan Rp 11ribu per orang per hari atau berpenghasilan 1,2 juta perbulan per keluarga. Tercatat pada sinkronisasi data P3KE sebanyak 56.000 masyarakat termasuk dalam data DTKS.

"Total biaya yang kita keluarkan untuk penanggulangan kemiskinan ekstrim  di tahun 2023 mencapai 121,9 miliar. Program penanggulangan itu terdiri dari beberapa dinas seperti dinas kesehatan, dinas koperasi, dinas ketenagakerjaan, dan dinas pendidikan, dinas sosial dan Peekim" paparnya.

Pada kesempatan itu, Bupati berharap pemerintah pusat dapat mendukung program program penghapus kemiskinan ekstrim dan dan penurunan stunting dengan mengalokasikan anggaran yang lebih besar kepada Kabupaten Rohil melalui APBN dan DAK terutama bidang infrastruktur kesehatan dan pendidikan. (bet)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :