*Sebelum Pemekaran

Cabor Basket Rohil Pernah Harumkan Nama Kabupaten Bengkalis


Dibaca: 10640 kali 
Jumat,05 Februari 2016 - 21:58:49 WIB
Cabor Basket Rohil Pernah Harumkan Nama Kabupaten Bengkalis

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) mengklaim Basket sebagai salah satu cabang olahraga (cabor) unggulan negeri seribu kubah. Pasalnya, cabor ini dulunya pernah mencatat sejarah sebagai cabor yang tidak terkalahkan diberbagai ivent besar serta membawa dan pernah mengharumkan nama kabupaten bengkalis sebelum pemekaran.

Agar sejarah itu bisa tercatat kembali, Komite olahraga nasional indonesia (Koni) kabupaten Rohil diminta untuk merekrut para atlit yang berprestasi dibidang bola basket untuk dilakukan pembinaan, "kata Pelaksana tugas (Plt) Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi saat menghadiri pelantikan pengurus kabupaten persatuan bola basket seluruh Indonesia (Perbasi) Rohil periode 2014-2018, Jumat (5/2) digedung serbaguna, Bagansiapiapi.

Menurut Surya Arfan, Dirohil ada dua cabor andalan yang selalu diperhitungkan dalam berbagai ivent besar baik itu propinsi maupun nasional. Dua cabor dimaksud yakni catur dan bola basket, Dimana dulunya kedua Cabor ini pernah meraih berbagai pretasi diberbagai ajang. "kedua cabor ini akan kita daftarkan kembali untuk mengikuti pekan olahraga propinsi (Porprop) pada tahun 2017 mendatang di kabupaten Kampar, "ujarnya.

Kepala BKP Rohil ini juga mengharapkan kepada Koni maupun perbasi rohil yang baru saja dikukuhkan pengurusannya untuk segera merekrut dan melakukan pembinaan terhadap atlit yang berpretasi dibidang bola basket. Sehingga, diajang Porprop nanti cabor ini mampu meraih prestasi dan kembali mencatat sejarah yang dulunya pernah diraih sebelum dimekarkan dari kabupaten induk, bengkalis, "harap Surya Arfan.

Dibeberkan Surya Arfan, dirinya tidak mau sejarah yang memalukan pada porprop tahun 2014 lalu terulang kembali, dimana pada waktu itu rohil hanya mampu mendapatkan peringkat terakhir dari 12 kabupaten/kota yang ada diriau. Untuk itu kita minta Koni dan perbasi serta pengurus cabor lainnya untuk bisa melakukan bimbingan dan pembinaan semaksimal mungkin sejak dini, "pesannya.

"kalau untuk lapangan bola basket saya rasa tidak ada masalah dan kendala, untuk kota bagansiapiapi saja kita memiliki 4 unit lapangan bola basket yakni lapangan basket milik sekolah Menthodis, Yayasan Perguruan wahidin, Bintang laut, dan Gor Batu enam. Keempat lapangan itu bisa dipergunakan oleh perbasi rohil untuk melakukan pelatihan terhadap atlit yang berbakat dibidang Basket, "tuturnya.

Sementara itu, Ketua Koni Rohil, Drs H Asrul M Noor Msi dalam sambutannya mengatakan, cabor bola basket ini adalah salah satu olahraga yang sangat disegani oleh tim dari propinsi riau. Makanya kita berupaya semaksimal mungkin untuk membangkitkan kembali semangat para atlit demi meraih apa yang dulunya pernah diraih.

Dijelaskan Mantan Sekdakab Rohil ini, Selama ini kebanyakan atlit bola basket didominasi dari kalangan masyrakat suku Tionghoa. Makanya kita berharap kedepannya kepada perbasi untuk merekrut atlit dari berbagai suku yang memang memiliki kemampuan diperbasketan untuk seterusnya dilakukan pembinaan, "pesannya.

Ditempat yang sama, ketua Perbasi Rohil, Zakia Hada mengatakan pihaknya akan melakukan semacam turnamen dalam rangka mencari atlit yang berbakat untuk selanjutnya dilakukan pembinaan. Dirohil saat ini terangnya ada sebanyak 18 club bola basket, makanya kita merencanakan pertengahan Bulan ini akan melakukan turnamen untuk merekrut atlit yang berbakat.

"kita akan adakan turnamen bola basket, Selain untuk mencari bibit, turnamen itu juga dalam rangka memerihkan tahun baru Imek 2567, "pungkasnya. Pelantikan pengurus Perbasi itu selain dihadiri oleh Plt Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan Msi juga tampak dihadiri Asisten III Bidang Kesra H Ali Asfar S Sos Msi, Dandim 0321 Rohil, Para kepala Dinas, Tokoh Pemuda, dan undangan lainnya. (adv/hms/ar)
 


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :