Bupati Suyatno Lantik PJ Lurah dan PJS Penghulu


Dibaca: 10952 kali 
Sabtu,13 Februari 2016 - 16:16:42 WIB
Bupati Suyatno Lantik PJ Lurah dan PJS Penghulu

BAGANSIAPIAPI - Sebanyak 64 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai Golongan dan Jabatan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dilantik sebagai Pejabat (PJ) Lurah dan Pejabat Sementara (PJS) Penghulu. Pelantikan puluhan ASN ini untuk menduduki jabatan lurah dan penghulu Sementara bertujuan agar pelayanan ditingkat pedesaan tetap berjalan dengan maksimal pasca berakhirnya jabatan datuk penghulu.

Peresmikan tiga kelurahan serta melantik PJ Lurah untuk mengisi jabatan kelurahan ditiga kecamatan yang rusaja terbentuk. Adapun tiga kelurahan itu yakni Kelurahan Sinaboi kota kecamatan Sinaboi, Kelurahan Melayu besar kota kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, dan kelurahan Panipahan kota kecamatan Pasir limau Kapas (Palika).

Sementara 61 ASN lainnya juga kita lantik sebagai PJS Datuk penghulu untuk mengisi kekosongan Jabatan pasca berakhirnya masa jabatan datuk penghulu yang lama, "kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp saat meresmikan kelurahan dan pengambilan sumpah jabatan sekaligus pelantikan PJ Lurah dan PJS Penghulu se Rohil, Jumat (12/2) lalu digedung serbaguna, Bagansiapiapi.

Khusus untuk 61 Kepenghuluan yang jabatan datuk penghulunya diisi dari kalangan ASN hanyalah bersifat sementara menjelang terpilihnya datuk penghulu baru pada pesta demokrasi pemilihan kepala desa (pilkades) yang digelar secara serentak pada tanggal 30 juni 2016 mendatang. Mengenai kriteria ASN yang menduduki jabatan PJS Datuk penghulu ini ditentukan oleh pihak kecamatan masing-masing, "kata Suyatno.

Diterangkan, sebelumnya pemkab rohil melalui asisten pemerintahan bersama DPRD Rohil sudah lama ingin melakukan pelantikan ini. Namun, dikarenakan banyaknya agenda kegiatan pemkab maupun DPRD rohil membuat pelantikannya tertunda. "alhamdulillah hari ini pelantikannya sudah terlaksana dengan baik, mudah-mudahan dengan dilantiknya para ASN ini sebagai PJ Kelurahan dan PJS Kepenghuluan nantinya mampu memberikan pelayanan yang maskimal kepada masyrakat, "harapnya.

Dirinya juga meminta kepada para camat dan Bappemas Rohil untuk segera mengumpulkan datuk penghulu yang lama untuk duduk satu meja agar tidak terjadinya bumerang dibelakang hari. "kumpulkan para datuk penghulu yang lama, kemudian lakukan serah terima jabatan (sertijab) dari datuk penghulu yang lama ke datuk penghulu yang baru, "pinta Suyatno.

Selain itu lanjutnya, Camat dan Bappemas juga diminta untuk meminta surat  pertanggungjawaban (SPJ) atas penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) baik itu dari pemerintah pusat, Propinsi maupun dari Kabupaten. "penggunaan setiap anggaran harus jelas SPJ nya, sehingga datuk penghulu yang baru saat menjalankan tugas akan merasa lebih nyaman, "tegasnya.

Peresmian kelurahan dan pelantikan PJ Lurah dan PJS Penghulu itu turut dihadiri oleh Plt Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan Msi, Ketua DPRD Rohil Nasruddin Hasan, Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo, Kapolres Rohil AKBP Subiantoro SH Sik, Para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan SKPD, serta Undangan penting lainnya. (adv/hms/met)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :