*Antisipasi Banjir

Pemkab Rohil Perlebar Parit Bepak Bagansiapiapi


Dibaca: 10312 kali 
Jumat,26 Februari 2016 - 14:57:14 WIB
Pemkab Rohil Perlebar Parit Bepak Bagansiapiapi Bupati Suyatno saat meninjau Parit Bepak Bagansiapiapi

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) memperlebar Normalisasi yang berada diparit Bepak, Bagansiapiapi. Perlebaran itu sebagai salah satu upaya pemerintah menangani bencana banjir dengan memperluas parit yang lebarnya hingga 15 Meter.

Demikian dikatakan Bupati Rohil, H Suyatno Amp disela-sela melakukan peninjauan kegiatan normalisasi dilingkungan Parit Bepak, Jumat (26/2). Parit bepak ini merupakan salah satu saluran yang akan dibersihkan dan diperlebar. Oleh sebab itu masyarakat yang memiliki lahan disekitar parit bepak diminta untuk berkoordinasi dengan camat agar pelebaran itu bisa terwujud dan terlaksana dengan baik, "pintanya.

Disebutkan Bupati, sejauh ini normalisasi masih berjalan lancar tanpa adanya hambatan dari pemilik tanah terhadap pelebaran tersebut. "kalau memang masyrakat merasa keberatan dengan pelebaran tersebut, lakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dengan menunjukan bukti kepemilikan lahan berupa surat tanah, "ujarnya.

Selain memperlebar Parit Bepak, pemkab juga akan membangun lingkungan parit bepak itu seperti jalan alternatif dari jalan bulan tembus kejalan selamat, jalan bahagia, dan jalan siak ujung. "untuk itu kita mengajak Media massa untuk bisa mengawasi serta pembublikasikan normalisasi ini kepublik agar masyrakat tau kegiatan yang dilakukan oleh pemkab Rohil dalam meningkatkan pembangunan daerah, "pintanya.

Dilanjutkan, apabila parit bepak itu sudah dibersihkan dan diperlebar, Instansi terkait seperti Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) dan dinas Cipta karya dan tata ruang (CKTR) Rohil untuk membangun jalan tersebut dengan baik. Kalau normalisasi kita sudah mengusulkan anggaran kepropinsi riau sebesar Rp7 Milliar. "yang jelas Normalisasi ini salah satu program kita untuk membenahi lingkungan kota agar kedepannya terbebas dari bencana banjir, "tuturnya.

Selain mencegah terjadinya bencana banjir, pelebaran parit bepak ini juga dimanfaatkan sebagai objek wisata dan taman permainan anak-anak. "kalau perlu pada ivent memperingati HUT RI setiap tahunnya akan kita adakan berbagai perlombaan diseputaran parit bepak tersebut seperti lomba sampan dan lain sebagainya, "pungkasnya.

Peninjauan Normalisasi Parit Bepak itu Bupati Suyatno Didampingi oleh Plt Kadis DBMP Rohil, Drs H Jon Syafrindow Msi, Kepala Bappeda Rohil HM Job Kurniawan AP Msi, Kabag Humas Setdakab Rohil Hermanto S Sos, Kabag Protokoler Setdakab Rohil H Saiman Amp, Camat Bangko H Julianda S Sos, dan beberapa pejabat terkait pemkab Rohil lainnya. (adv/hms/met)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :