*Pinjam Heli Superpuma Sinarmas

di Kubu, Bupati Suyatno , Dandim, Dan Kapolres Pimpin Pemadaman Karhutla


Dibaca: 9963 kali 
Minggu,13 Maret 2016 - 00:24:01 WIB
di Kubu, Bupati Suyatno , Dandim, Dan Kapolres Pimpin Pemadaman Karhutla

BAGANSIAPIAPI - Kebakaran lahan seluas sekitar 20 hektare membara di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau. Heli Superpuma milik Sinarmas diperbantukan melakukan water bombing.

Kebakaran lahan ini terjadi, Sabtu (12/3/2016) di Desa Gajah Jaya, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir. Tepatnya berada di titik koordinat Lat 2"03,8505'N, Lon 100"33,6600'E. Lahan yang terbakar berstatus hutan produksi terbatas.

"Pelaku pembakaran masih dalam proses penyelidikan. Namun ini ada unsur kesengajaan," kata Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo kepada wartawan. Sabtu, (12/3)

Guntur menjelaskan, dalam pemadaman di lokasi melibatkan 249 personel terdiri dari TNI sebanyak 75 personel, Polri 100 personel, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) 10 orang, Manggala Agni 10 orang, masyarakat, dan 4 orang PT Sumatera Riang Lestari.

"Pemadaman ini langsung dipimpin Bupati Rohil, Dandim, Kapolres," kata Guntur.

Saat melakukan pemadaman tersebut, tim sempat kewalahan karena minimnya peralatan, serta titik api yang begitu luas. "Sehingga tim darat meminta bantuan heli Superpuma milik Sinarmas untuk melakukan water bombing," kata Guntur.

Kini kobaran api di lahan tersebut sudah bisa dipadamkan. Namun demikian, asap masih terlihat mengepul dari lokasi kebakaran.

Guntur menuturkan, untuk mengantisipasi agar api tidak muncul kembali, personil Brimob Polda Riau sudah mendirikan tenda di lokasi.

"Satu Peleton Brimob kini ditempatkan di lokasi kebakaran. Mereka bertugas untuk mengantisipasi kemungkinan bila api kembali muncul," tutup Guntur.(dtk/rd)
 


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :