Kesenian dan Budaya di Rohil Banyak Tak Terdata Dengan Baik


Dibaca: 11270 kali 
Kamis,17 Maret 2016 - 09:42:39 WIB
Kesenian dan Budaya di Rohil Banyak Tak Terdata Dengan Baik Suyatno

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) meminta Dewan Kesenian Daerah (DKD) Rohil untuk segera mendata ulang terhadap aset daerah berupa kesenian dan budaya serta membentuk cabang DKD disetiap kecamatan. Hal ini bertujuan agar kesenian dan budaya yang dimiliki oleh tiap-tiap kecamatan akan terdata dan tertata dengan baik.

"Kita minta DKD mendata seni dan budaya yang ada dikecamatan agar seni budaya itu legal. selama ini seni dan budaya menjamur, karena disetiap kecamatan memiliki seni dan budaya tersendiri. sayangnya kesenian dan budaya yang dimiliki oleh masing-masing kecamatan itu tidak terdata di DKD Rohil, "kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp, Kamis  (16/3)  di  Bagansiapiapi.

Dikatakan Suyatno, kalau semua kesenian dan budaya yang dimiliki masing-masing kecamatan terdaftar secara legal di DKD Rohil, maka Instansi terkait yakni Dinas Pariwisata kesenia Budaya dan olahraga (Disparpora) Rohil akan mudah memberikan bantuan untuk mengembangkan kesenian dan budaya yang dimiliki oleh pihak kecamatan. "ini salah satu Pekerjaan Rumah (PR) bagi Pengurus DKD untuk mendata kembali seluruh aset daerah berupa kesenian dan budaya yang ada dinegeri seribu Kubah ini,"pintanya.

Sementara itu, ketua DKD Rohil, Hj Suryati menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada bupati dan seluruh pengurus yang telah mempercayai dirinya untuk memimpin DKD Rohil. Dirinya berjanji akan menjalankan amanah yang diberikan ini dengan baik serta memenuhi permintaan dari Bupati Suyatno untuk mendata ulang seluruh kesenian dan budaya yang ada di Rokan Hilir.

Anggota DPRD dari Parpol PAN Rohil ini juga berjanji akan mengembangkan serta mempromosikan kesenian dan budaya yang ada secara maksimal. Agar hal ini berjalan dengan mulus, pihaknya nanti akan melakukan koordinasi bersama pemkab rohil mengenai anggaran untuk DKD Rohil. "tanpa anggaran tentunya semua program yang direncanakan tentunya tidak akan berjalan dengan maksimal, "ujarnya.

Dengan kesenian dan budaya yang kita miliki menurutnya akan mampu mempromosikan negeri seribu kubah ini keluar daerah. "dalam waktu dekat kita akan melaksanakan pergelaran seni sepropinsi Riau, dimana pergelaran itu nantinya rokan hilir akan menjadi tuan rumahnya, "tutur Istri dari Anggata DPRD Propinsi Riau periode 2009-2014, A Kirjauhari ini.

Usai dilantik, pengurus Dewan kesenian Riau (DKR) memberikan PIN penghargaan berupa kepada Bupati Suyatno sebagai pembina seni budaya dan pariwisata daerah. Pelantikan itu turut dihadiri ketua DPRD Rohil Nasruddin Hasan, Plt Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan Msi, Para Asisten, Pimpinan SKPD, Direktur IPDN Kampus Rohil, Para Camat, dan Praja IPDN yang melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dirohil. (adv/hms/met)
 


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :