*Miliki Potensi Ikan Melimpah

Sinaboi Bakal di Sulap Jadi Objek Wisata Pemancingan


Dibaca: 17341 kali 
Senin,21 Maret 2016 - 22:51:42 WIB
Sinaboi Bakal di Sulap Jadi Objek Wisata Pemancingan

SINABOI - Dianggap memiliki Potensi kelautan yang melimpah ruah, Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rohil bakal dikembangkan sebagai tempat wisata pemancingan. Pasalnya, Dikuala tepian laut yang terletak diselat melaka itu seringkali menjadi sasaran tempat pemancingan untuk mengisi kegiatan hari libur karena terkenal dengan kegalakan ikan Sembilang dan ikan Gulama pemakan mata pancing.

Demikian dikatakan ketua Rohil Fishing Club (RFC), Drs H Surya Arfan Msi saat memburu ikan dengan alat tangkap pancing ditepian kuala peraiaran Sinaboi, Senin (21/3)."potensi perikanan yang ada dilautan sinaboi sangat banyak, dimana perairan itu sering menjadi buruan masyarakat yang hobby memancing. Hasilnya, setiap pemancing tidak pernah pulang merasa hampa dengan setiap orang membawa hasil pancingannya minimal 5 kilogram, "ujarnya.

Dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Sekdakab Rohil ini, terkadang para pemancing juga memasak hasil tangkapannya didalam kapal yang telah disewa dari nelayan, ikan yang baru dapat kalau langsung dimasak akan terasa manis dan memiliki banyak vitamin dan protein tinggi. "makanya kita akan berupaya semaksimal mungkin bagaimana perairan sinaboi ini dikembangkan sebagai wisata pemancingan, jika hal ini terealisasi maka sangat diyakini akan mampu menambah pendapatan Asil Daerah (PAD), "ungkapnya Optimis.

Diterangkan Surya Arfan, Untuk memancing diperairan Sinaboi dan sekitarnya pemancing cukup menggunakan udang sebagai umpan. "cukup memakai umpan udang kita sudah bisa memancing, kalau ingin mata pancingnya galak dimakan ikan maka pemancing harus menggunakan umpan Umpun-umpun (sejenis cacing tanah,red). Selain itu, tidak jauh dari perairan itu juga ada masjid untuk melaksanakan ibadah salat.

Diakui Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Rohil ini, Diseputaran perairan sinaboi itu banyak juga pemancing yang berasal dari kabupaten/kota yang ada dipropinsi Riau. "kemaren kita lihat ada 6 unit kapal yang berasal dari luar rohil membawa pemancing, nah ini pertanda perairan itu sangat diminati oleh masyarakat yang hobby memancing dilaut, "tutur Surya Arfan.

"intinya kita akan berupa semaksimal mungkin untuk menjadikan perairan sinaboi itu sebagai lokasi wisata pemancingan dengan melakukan kerjasama dengan pemerintah dan pihak terkait lainnya. "RFC saat ini tengah mempromosikan dan mencari lokasi mana saja yang cocok dikembangkan sebagai objek wisata pemancingan, kemudian secara bertahap lokasi itu akan dikembangkan, "pungkasnya. (adv/hms/met)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :