Ratusan Pohon Ketapang Hiyasi Lokasi Parit Bepak


Dibaca: 18269 kali 
Senin,04 April 2016 - 10:09:04 WIB
Ratusan Pohon Ketapang Hiyasi Lokasi Parit Bepak

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melakukan penghijauan dengan menanami ratusan pohon ketapang kencana dipinggiran parit Bay Park. Penghijauan diatas lahan yang memiliki sejarah dizaman kepemerintahan Belanda itu untuk mempercantik dan memperindah taman wisata agar masyarakat merasa nyaman saat berkunjung dilokasi parit bepak tersebut.

"Ada ratusan Pohon-pohon jenis ketapang kencana ini kita tanami untuk pelindung agar lokasi wisata parit Bay park ini tetap terjaga keasriannya. Pemkab Rohil sangat serius untuk mengembangkan parit bay park ini dijadikan taman wisata, karena selain lokasinya sangat stategis juga memiliki sejarah dizaman kepemerintahan belanda,"kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp, Senin (4/4) di Bagansiapiapi.

Agar taman wisata ini mudah diingat oleh masyarakat, maka lokasi ini kita berikan dengan nama taman wisata Bay Park. "kalau dulunya masyarakat kita kebanyakan memang taunya lokasi ini dengan nama parit bepak. Karena lokasi ini telah kita jadikan sebagai salah satu taman wisata andalan, maka kita berikan dengan nama parit Bay park agar mudah diingat, "ujar Suyatno.

Selain menanami ratusan pohon diparit Bay Park, Bupati juga mengadakan perlombaan menangkap bebek didalam air untuk kalangan ibu-ibu rumah tangga. Perlomaan itu dalam rangka menghibur nindya praja IPDN yang telah menyelesaikan kegiatan praktek Kerja Lapangan (PKL) dirohil. "perlombaan ini hanya untuk memberikan hiburan kepada masyarakat dan ratusan nindya praja IPDN yang telah menyelesaikan PKL, "tutur Suyatno.

Dilanjutkan, Pemkab rohil kedepannya juga akan mengadakan perlombaan menangkap bebek diair ini secara rutin, terutama pada momen hari besar seperti Hut RI, Perayaan Ritual Bakar Tongkang, dan lain sebagainya. Selain perlombaan menangkap bebek, kita nantinya juga akan mengadakan perlombaan pukul bantal diair dan lomba sampan dayung, "janjinya.

Perlombaan menangkap bebek diair itu ditandai dengan pelepasan belasan bebek keparit Bay Park oleh Bupati Suyatno dan ketua DPRD Rohil, Nasruddin Hasan. Setelah belasan bebek-bebek itu dilepaskan, puluhan ibu-ibu terlihat melompat keparit untuk menangkap bebek tersebut. Bagi peserta yang terbanyak menangkap bebek itu maka dianyatakan sebagai pemenangnya.

Penanaman pohon ketapang kencana dan perlomboaan menangkap bebek diair itu turut dihadiri oleh Plt Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan Msi, para Asisten, Dandim 0321 Rohil Kapt Arh Bambang Sikisworo, Kadisdik Rohil Ir H Amiruddin MM dan beberapa Pimpinan SKPD lainnya dilingkungan pemkab Rohil, serta ratusan Nindya praja IPDN Kampus Rohil. (adv/hms/met)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :