23 April, Kemenkumham Yohana Loaly Kunjungi Rohil


Dibaca: 16263 kali 
Jumat,15 April 2016 - 17:13:05 WIB
23 April, Kemenkumham Yohana Loaly Kunjungi Rohil

BAGANSIAPIAPI - Jika tidak ada aral melintang, Kementrian Hukum dan Asazi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia (RI), Yohana Laoly akan datang kekabupaten Rokan Hilir (Rohil) pada tanggal 23 April mendatang. Adapun kedatangan Yohana Loaly beserta rombongan itu kenegeri seribu kubah untuk melihat langsung kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II Bagansiapiapi sekaligus meninjau lahan yang dihibahkan pemkab Rohil untuk membangun rutan yang baru.

"Insaallah tanggal 23 April mendatang pihak Kemenkumham akan datang kebagansiapiapi dengan agenda meninjau kondisi Rutan dan meninjau lahan pembangunan rutan baru yang telah dihibahkan Pemkab Rohil. Kedatangan pihak kemenkumham ini berkat koordinasi yang kita lakukan bersama pihak Rutan Bagansiapiapi dan Kantor wilayah kemenkumham Propinsi Riau,"kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan msi, Kamis (14/4) melalui sambungan selulernya.

Untuk menyambut kedatangan pihak dari kemenkumham, pemkab Rohil bersama Rutan Bagansiapiapi saat ini tengah mempersiapkan berbagai persiapan, karena kedatangan kemenkumham itu nantinya juga turut didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman. "pemkab telah lama menyiapkan lahan untuk pembangunan Rutan baru disimpang dua ratus, kepenghuluan Parit Aman, Bangko. Namun, untuk pembangunan belum bisa dilakukan mengingat belum adanya lampu hijau dari pihak kemenkumham. Mudah-mudahan dengan kedatangan pihak kemenkumham ini pembangunan Rutan baru bisa terwujud, "harap Surya Arfan.

Dijelaskan Surya Arfan, kuatnya keinginan pemkab Rohil untuk membangun Rutan baru dikarenakan rutan yang lama sudah tidak layak dan over kapasitas. "kita merasa kasian melihat nara pidana (napi) yang tidur berhimpitan, makanya kita ingin membangun rutan yang baru agar para napi bisa tinggal lebih layak selama masa pembinaan. Jika ini terealisasi, maka rutan yang lama akan dijadikan perluasan RSUD Dr RM Pratomo, Bagansiapiapi,"katanya.

"kita merasa priharin, kondisi rutan kelas II Bagansiapiapi ini sudag menjadi sorotan nasional. Bahkan, kondisi Rutan ini sudah mendapatkan gelar sebagai Rutan terpadat di Indonesia. Nah, untuk menghilangkan Imej itu pemkab Rohil akan mengambil langkah cepat untuk membangun rutan yang layak, sehingga para napi selama dibina merasa lebih nyaman, "ujar Surya Arfan.

Diterangkan Surya Arfan Lagi, Saat ini kapasitas rutan bagansiapiapi hanya untuk 98 Napi, akan tetapi telah dihuni sebanyak 700 napi dengan berbagai kasus kejahatan. "Kita berharap pembangunan bisa dimulai tahun ini juga, paling lama rutan sudah bisa pindah dan kita sediakan lahan, apalagi rutan lama juga letaknya tak lagi strategis ditengah kota dan berdekatan dengan rumah sakit umum dan pemukiman masyarakat, "pungkas Surya Arfan. (adv/hms/met)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :