*Bupati Batal Dilantik

Rohul dan Pelalawan Kini Dipimpin Sekda Sebagai Plh


Dibaca: 10199 kali 
Selasa,19 April 2016 - 22:56:22 WIB
Rohul dan Pelalawan Kini Dipimpin Sekda Sebagai Plh

PEKANBARU – Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) serta Pelalawan hari ini batal dilantik. Untuk mengisi kekosongan jabatan dua kepala daerah di Propinsi Riau itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menunjukkan sekretaris daerah (Sekda) masing-masing kabupaten sebagai pelaksana tugas harian.

Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, jabatan Bupati Rohul dan Bupati Pelalawan akan dipegang oleh Sekda kabupaten itu masing-masing. Mengingat hari ini memang bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan Bupati Rohul dan Pelalawan periode sebelumnya.

"Dengan adanya kekosongan jabatan Bupati Rohul maka penggantinya adalah Sekda Rohul. Sekda Rohul menjabat sebagai Plh (Pelaksana harian) Bupati Rohul. Tidak hanya Rohul, Pelalawan juga dipimpin oleh Sekda yang merangkap Plh Bupati," ucapnya, Selasa (19/4).

Menurutnya penunjukan penganti Sekda Rohul dan Pelalawan sebagai pengganti Plh bupati merupakan intruksi dari Kemendagri yang ditandatangani oleh Dirjen Otonomi Daerah (Otda), Sumarsono.

"Saya baru terima telegram tadi malam yang berisi bahwa untuk mengisi kekosongan Bupati Rohul dan Pelalawan, untuk sementara adalah Sekda. Plh ini akan mengisi tugas harian bupati sampai ada keputusan lebih lanjut dari Pemerintah Pusat," tukasnya.

Kemendagri hari ini membatalkan pelantikan Bupati Rohul dan Pelalawan, karena ada bupati terpilih yang terjerat kasus korupsi.

Sebagaimana diketahui Bupati Rohul terpilih Suparman telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus suap APBD Riau 2015, saat dirinya masih menjabat anggota di DPRD Riau.

Selain Suparman, KPK juga sudah menjebloskan mantan Gubernur Riau Annas Maamun dan anggota DPRD Riau Ahmad Kirjauhari ke dalam sel. Kemudian kolega Suparman di DPD Golkar Riau yakni Johar Firdaus juga sudah menjadi tersangka dan dicekal ke luar negeri.(nt/okz)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :