*Peringati Hari Otda ke-20

Bupati : Kita Kedepan Siapkan Daerah Dalam Menghadapi Tantangan MEA


Dibaca: 16623 kali 
Selasa,26 April 2016 - 09:01:43 WIB
Bupati : Kita Kedepan Siapkan Daerah Dalam Menghadapi Tantangan MEA Dihari Otda Bupati Suyatno menyerahkan bantuan sepeda motor kepada Makodim 0321

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) menggelar apel bersama dalam rangka memperingati hari otonomi daerah (Otda) ke 20 tahun, dihalaman Kantor Bupati Rohil, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Senin (25/4) pagi kemaren. Meski saat upacara berlangsung diguyur hujan, namun para peserta tetap semangat mengikutinya hingga sampai selesai.

Dalam pidatonya Suyatno mengatakan dihadapan Ratusan Peserta upacara yang terdiri dari ASN, TNI/Polri, Ormas/Okp, dan pelajar bahwa apel bersama ini dalam rangka memperingati hari Otda yang dilaksanakan secara serentak diseluruh indonesia. Tujuannya adalah untuk memantapkan otda dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Pada peringatan hari Otda ke 20 tahun ini yang ditetapkan pada keputusan presiden nomor 11 tahun 1996 tentang otonomi daerah yang tujuannya untuk memantapkan otonomi daerah mulai dari tingkat pusat, propinsi dan daerah. Otda ini sebagai konsensus para pendiri bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kualitas pelayanan publik, meningatkan SDM yang handal dan terampil,"Jelas Bupati

Kemudian Otda juga mengacu pada kebijakan MEA agar seluruh pemerintah daerah menata elemen agar tidak menjadi penonton ditengah kuatnya arus bebas barabf, bebas jasa, tenaga kerja, modal bebas dan investasi. Selain itu, Indonesia tidak boleh kalah saing dengan negara lain berdasarkan World Ekonomic Forum."Dari survei, Indonesia berada diurutan ke 37 dibawah negara asia yakni singapore berada diurutan ke 2, Malayasi diperingkat ke 18 dan thailan berada diperingkat ke 21,"terang Suyatno.

Pada pelaksanaan peringatan hari otda pemerintah akan mengumumkan hasil evalusi tersebut kepada setiap propinsi agar mendorong untuk meningkatkan kinerja disetiap daerah. Nah, untuk mewujudkannya harus perlu sinergi agar penyelenggaraan pemerintah secara nasional. Dalam hal ini setiap kebijakan nasional harus ditindaklanjuti oleh setiap propinsi dan kabupaten,"kata Suyatno.

Dalam Kesempatan itu, Suyatno juga menyerahkan tiga unit Motor jenis KLX dan 24 unit Mesin Portable bantuan dari Bank Riau Kepri (BRK) melalui dana CSR secara simbolis kepada Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0321 Rohil, Koramil, dan beberapa pihak kecamatan yang dianggap rawan terjadinya bencana Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut).

Suyatno menjelaskan, 3 unit motor KLX dan 24 mesin portabel tersebut merupakan bantuan dari BRK melalui dana CSR. Tidak hanya itu, Dana CSR dari BRK itu juga digunakan untuk kepentingan masyarakat seperti membuat sumur Bor dimasjid, Sekolah dipanipahan kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), dan bantuan berupa uang tunai kepada masjid lainnya, "terangnya.

Sebelum Bantuan itu diserahkan kepada Makodim dan pihak kecamatan secara simbolis, Suyatno terlebih dahulu menyampaikan kegeramannya terhadap pihak BRK yang tidak bisa menghadirkan bantuan itu secara nyata."dari senin pekan kemaren sudah saya minta kepada BRK untuk memberikan bantuan itu secara nyata. Namun alhamdulillah, motor dan mesin Portable yang kita minta kepada pihak BRK secara nyata itu tidak dihadirkan,"kesalnya. (adv/hms/met)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :