*Kemaren Seleksi UGM

Pemkab Rohil Kembali Seleksi 37 Siswa ke IPB


Dibaca: 10475 kali 
Selasa,26 April 2016 - 09:18:30 WIB
Pemkab Rohil Kembali Seleksi 37 Siswa ke IPB

BAGANSIAPIAPI - Setelah melakukan seleksi ujian masuk di Universitas Gaja Mada (UGM) beberapa waktu lalu, Pemkab Rohil kembali ini melaksanakan Ujian untuk menyeleksi siswa berprestasi untuk dikuliahkan di Institut pertanian bogor (IPB). Ujian menuju IPB ini diikuti sebanyak 37 siswa yang berprestasi dari berbagai sekolah yang ada dinegeri seribu kubah.

"latar belakang program beasiswa bagi siswa berprestasi ini dalam rangka untuk menyiapkan Sumber daya manusia (SDM) agar kedepannya bisa menggali potensi yang ada di Rohil, "kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi, Senin (25/4) diaula Dinas Pendidikan Rohil, jalan kecamatan, batu enam, Bagansiapiapi.

Dikatakan, Ujian tes masuk ini merupakan kerjasama antara pemkab Rohil dengan pihak IPB yang sudah lama dilakukan. "sejauh ini siswa kita yang sudah menyelesaikan kuliahnya di IPB sudah 52 orang, semuanya ditanggung oleh pemerintah, "kata surya Arfan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Rohil ini juga mengatakan rohil memiliki kemampuan siswa secara akademik untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi. Disisi lain banyak juga siswa berprestasi yang tidak mampu membiayai perkuliahannya.

"Rohil memang belum ada perguruan tinggi yang disiplin ilmunya, sehingga belum bisa menjawab potensi yang ada dirohil. Makanya kita berupaya agar siswa berprestasi itu dikuliahkan perguruan tinggi setiap tahunnya,"ujarnya.

Sementara itu Kadisdik Rohil, Ir H Amiruddin MM mengatakan, untuk anggaran yang tersedia beasiswa masuk IPB berjumlah 10 orang. Namun, jumlah ini tidak muthlak dan tergantung dari hasil tes nantinya."maksimal 10 orang, namun bisa juga dibawah itu kalau nilainya tidak mencukupi dan tidak bisa kita paksakan untuk kuliah di IPB, "tegasnya.

Peninjauan ujian seleksi itu turut dihadiri langsung oleh pihak IPB diantaranya General Competency Program, Dr Ir Bonny PW Soekarno MS, Dosen dari Fakultas peternakan IPB, Dr Rudi Afnan Spt Msc Agr, dan beberapa pimpinan SKPD pemkab Rohil lainnya. (adv/hms/met)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :