Tahu Gak? Mengapa Nabi Sangat Mencintai Kucing !


Dibaca: 7261 kali 
Kamis,28 April 2016 - 20:35:11 WIB
Tahu Gak? Mengapa Nabi Sangat Mencintai Kucing !

DREM - Pernah dengar kisah Rasulullah yang memiliki kucing bernama Muezza? Dalam berbagai riwayat dikisahkan bahwa Rasulullah sangat menyayangi kucing itu. Suatu hari, ketika Rasulullah mendengar suara azan dan hendak mengambil jubahnya untuk salat, Beliau melihat kucing itu sedang tidur di atas jubah.

Melihat Muezza sedang tidur, Nabi tidak membangunkannya. Rasulullah malah memotong sebagian jubahnya dan meninggalkan Muezza dalam keadaan masih tidur di atas potongan jubahnya. Dan ketika Rasul kembali ke rumah setelah salat, Muezza terbangun dan menundukan kepalanya di hadapan Rasulullah.

Rasulullah kemudian mengelus badan kucing tersebut dengan lembut sebagai bentuk kasih sayangnya kepada Muezza. Inilah bukti bahwa Rasulullah adalah seseorang yang memiliki hati dan sikap yang lembut dan penyayang.

Bahkan ketika Rasul sedang berceramah di rumahnya, Beliau memangku Muezza. Beliau juga wudu menggunakan air yang telah digunakan Muezza untuk minum.

Saking sayangnya kepada kucing, Rasulullah pernah berpesan kepada para sahabat untuk menyayangi kucing peliharaannya, layaknya seorang anggota keluarga. Karena barangsiapa bersikap kasar kepada kucing maka hukumannya adalah neraka.

Ancaman ini bukanlah omong kosong. Dalam sahih Bukhari dari Ibnu Umar, Rasulullah bersabda: "Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai." [HR. Bukhari]

Mengapa Rasulullah begitu sayang dengan kucing? Sangat banyak penjelasannya. Pertama, karena lidah kucing merupakan pembersih paling canggih. Lidah kucing tertutupi oleh berbagai benjolan kecil yang runcing. Benjolan ini bengkok mengerucut seperti kikir atau gergaji. Sehingga sangat berguna untuk membersihkan kulit.(nt/rd)
 


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :