*Hadapi MEA

Dewan Nilai Etos kerja Masyarakat Masih Lemah


Dibaca: 14729 kali 
Kamis,09 Juni 2016 - 20:59:53 WIB
Dewan Nilai Etos kerja Masyarakat Masih Lemah Edison

BAGANSIAPIAPI - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir Edison Jamil harapkan Pemkab Rohil perlu memberikan pelatihan kerja dan sosialisasi agar masyarakat mampu bersaing dalam perdagangan bebas menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Ia menilai etos kerja masyarakat masih terbilang lemah.

Edison baru-baru ini mengungkapkan, hanya sebagian kecil Masyarakat Rohil yang mengetaui MEA, apabila dipersentasekan hanya 10 persen yang mengetahui apa itu MEA. Sehingga Pemkab Rohil perlu dianggap perlu melakukan sosialisasi serta memberi penjelasan serta mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi Perdagangan bebas tersebut.

"kalau kita lihat dengan kondisi saat ini belum layak menghadapi MEA, masih banyak persoalan-persoalan yang kita miliki. Etos kerja Masyarakat kita masih rendah, sementara Negara Asean lainnya telah mempunyai bekal dalam menghadapi Perdagangan bebas," ungkapnya.

Dikatakannya, salah satu contoh yang termasuk dalam MEA adalah Filipina dan Thailand. Mereka telah ditraining terlebih dahulu oleh pemerintahnya sehingga mereka memiliki keterampilan dan keahlian dalam menghadapi MEA. Bahkan di Filipina ada kursus bahasa Indonesia.

Sementara untuk Masyarakat Rohil sendiri belum ada persiapan hingga saat ini.jangankan untuk mengembagkan keterampilan di tegah masyarakat agar dapat merebut pasar di Filipina,sedangkan untuk merebut pasar lokal saja masyarakat Rohil tidak mampu. Hal tersebut dikarenakan kurang skil di kalangan masyarakat. (adv/DPRD)
 


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :