*Atasi Karhutla

Bupati Rohil Akan manfaatkan Sungai Rokan


Dibaca: 9119 kali 
Jumat,19 Februari 2016 - 11:51:30 WIB
Bupati Rohil Akan manfaatkan Sungai Rokan Karhutla

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) akan memanfaatkan Air dari sungai rokan dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pasalnya, Sungai Rokan yang panjangnya lebih kurang 350 kilo meter itu akan sngup mengatasi Karhutla tersebut.

Demikian dikatakan Bupati, Kamis (18/2), menurutnya. selain merupakan urat nadi Masyrakat untuk kebutuhan air mandi, MCK dan lain sebagainya juga bisa dimanfaatkan untuk pemadaman api jika terjadi karhutla di Rohil nantinya..

"potensi sungai rokan sangat besar dan bisa kita manfaatkan sebagai sumber untuk penanggulangan Karhutla, dengan panjangnya yang lebih kurang 350 kilo meter ini tentunya bisa kita manfaatkan untuk melakukan pemadaman karhutla seperti dikepenghuluan Mamugo, kecamatan Tanah Putih yang dianggap sebagai langganan bencana karhutla setiap tahunnya, "kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp.

Selain mempunyai pemikiran untuk menangani karhutla dengan memanfaatkan sungai rokan, dirinya juga mengingatkan perusahaan yang ada dirohil agar ikut bersama-sama mengantisifasi agar tidak terjadinya karhutla dengan membangun kanal sekat atau embung. "sebagaimana yang kita ketahui lahan rohil ini 75 persennya masih tergolong gambut, sehingga jika terjadi kebakaran akan cepat merambat kemana-mana,"ingatnya.

Menururut Suyatno, terjadinya bencana karhutla di Rohil selain dikarenakan lahan yang masih gambut juga dikarenakan lahan dinegeri seribu kubah ini berpotensi dengan tanaman sawit, sehingga masyrakat maupun perusahaan kerap kali membuka lahan dengan cara membakar. Makanya kita minta peran dari perusahaan untuk mengantisifasi terjadinya bencana karhutla.

"jangan hanya pemerintah saja yang membuka mata, potensi sawit dinegeri ini merupakan perkebunan yang cukup terbesar di Propinsi riau, dengan begitu ancaman terjadinya karhutla juga sangat tinggi, makanya harus kita perhatikan bencana ini secara bersama dan serius, "katanya.

Diakui orang nomor satu dinegeri seribu kubah ini, dari puluhan perusahaan yang ada dirohil baru PT Ruas utama jaya (RUJ) yang telah menunjukan kesadaran akan pentingnya menangani karhutla, dimana perusahaan ini telah membangun sekat kanal diseputaran kecamatan tanah putih tanjung melawan. "RUJ perusahaannya sangat bagus, kita berharap perusahaan lainnya bisa melakukan hal yang sama dalam memerangi dan mengantisifasi bencana karhutla dirohil, "harapnya sembari memuji PT RUJ. (adv/hms/met)
 


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :