Warga Simpang Kanan Rohil di Masuki Beruang Liar


Dibaca: 10679 kali 
Selasa,17 Mei 2016 - 22:23:59 WIB
Warga Simpang Kanan Rohil di Masuki Beruang Liar Ilustrsi

BAGANSIAPIAPI - Keresahan warga RT 01 RW 08, Dusun III Desa Bukit Selamat, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Rokan Hilir, Riau dalam sebulan terakhir ini karena terganggu dengan kedatangan rombongan beruang liar, nampaknya belum bisa terobati. Sebab, harapan masyarakat agar pihak terkait melakukan evakuasi terhadap hewan liar itu belum kesampaian.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melalui Kepala Seksi Wilayah III, Hutajulu saat dikonfirmasi mengenai langkah evakuasi beruang kapan akan dilakukan, belum bisa memastikan.

"Jika sudah membahayakan masyarakat, evakuasi beruang akan kita lakukan. Namun untuk sementara ini masyarakat kita berikan cara untuk melakukan pengusiran beruang saat masuk ke pemukiman," kata Hutajulu melalui sambungan selulernya, Selasa (17/5) jelang magrib.

Ia menceritakan, untuk melakukan evakuasi terhadap beruan ini cukup memakan biaya yang besar. Proses evakuasinya memakan waktu hingga 3 bulan.

"Berdasarkan pengalaman kita saat menangkap beruang di Pelalawan, itu bisa memakan waktu 3 bulan. Berapa besar biaya yang harus dipersiapkan untuk proses evakuasi itu. Belum lagi nanti memindahkan perangkap yang terbuat dari besi itu dari tempat satu ketempat lainnya sesuai pergerakan beruang itu," ujar Hutajulu.

Untuk memancing beruang itu masuk kedalam perangkap, lanjut Hutajulu, harus disediakan juga makanannya. "Dan biasanya anak beruang yang mudah masuk perangkap ini, kalau induknya agak susah. Kita kalau dapat, induknya dulu yang masuk perangkap, karena induknya lebih bringas. Apalagi saat tau anaknya lebih dulu masuk perangkap, bisa ngamuk induknya ke pemukiman penduduk nantinya," tutup Hutajulu.(go/ar)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :