*Atasi DBD

DPRD Minta Diskes Lakukan Sweeping Ke Warga


Dibaca: 9355 kali 
Jumat,25 November 2016 - 22:32:41 WIB
DPRD Minta Diskes Lakukan Sweeping Ke Warga

BAGANSIAPIAPI - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir Heridayanto, Kamis (24/11) lalu mengaku miris melihat kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan bersih masih sangat kurang.

Sehingga bibit penyakit yang menghantui warga di musim hujan, seperti DBD tidak bisa dihindari. Beberapa waktu lalu, katanya, ada warga yang melapor karena anggota keluarganya terserang penyakit menular tersebut, belum sehat sempurna dan akhir-akhir ini kekuatiran warga katanya semakin tinggi, mengingat curah hujan belum menurun yang mengakibatkan genangan air di sekitar rumah warga pun tidak bisa dihindari.

Anggota Komisi B DPRD Rohil ini juga menganjurkan pihak Puskesmas melalui petugas Posyandu dan juga bekerjasama dengan kader

Posyandu, untuk melakukan sweeping dan kampanye murah meriah kepada warga desa, akan kesadaran warga tentang pentingnya menjaga lingkungan bersih itu kembali muncul.

Jika hanya pencegahan lanjutan melalui obat vitamin atau kegiatan fogging untuk menghindari nyamuk dilakukan, akan memakan biaya tidak sedikit. Lagi pula, kata Heridayanto, akan memerlukan waktu untuk penyembuhan.

Tapi dengan melakukan kampanye hidup sehat dengan aksi membersihkan lingkungan sekitar rumah, tentunya tidak memerlukan modal banyak karena bibit penyakit sudah dilakukan pencehahan secara dini.

“Jangan anggap DBD itu sepele, karena nanti kalau terjangkit bisa menjadi bibit penyakit yang susah untuk disembuhkan, terus lagi akan memunculkan efek jangka panjang. Kami harapkan memang ada langkah pasti dari kita semua, baik itu warga petugas kesehatan dan juga kader posyandu, mari sama-sama menjaga lingkungan bersih dan juga mengkampanyekan hidup sehat kepada warga,” kata Heridayanto.

Selain itu desa yang berstatus PHBS katanya juga wajib melakukan peninjauan kepada desa lainnya, juga program PBHS bisa menjadi barometer untuk ukuran desa sehat dan bersih.(adv/DPRD)
 


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :