Tapal Batas Suak Temanggung dan Pedamaran Pekaitan Menemukan Kata Sepakat


Dibaca: 357 kali 
Minggu,06 November 2022 - 13:13:11 WIB
Tapal Batas Suak Temanggung dan Pedamaran Pekaitan Menemukan Kata Sepakat

Pekaitan, - Trikriau.com - Pembahasan persoalan penetapan batas wilayah tapal batas desa dikabupaten Rokan Hilir belakangan ini jadi perhatian serius oleh pemerintah daerah.

Dalam hal ini upaya pemerintah daerah kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dimasa Bupati Afrizal Sintong melalui Kepala bagian (Kabag) tata pemerintahan (Tapem) Nurmansyah S.STP., M.Si, juga telah menyampaikan kepada seluruh desa se-kecamatan se-kabupaten Rohil diminta untuk mempersiapkan laporan penyampaian penetapan batas batas wilayah desanya masing masing.

Yang mana menurutnya hal tersebut bertujuan untuk menciptakan tertib administrasi pemerintahan di desa, sehingga dapat memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas di suatu wilayah baik ditingkat desa maupun ditingkat Kecamatan.

Pernyataan Nurmansyah dikutip lewat pemberitaan pada Rabu (19/06/2022) lalu ikut menyebutkan hal tersebut telah di komunikasikan kepihak Kecamatan se-Rohil agar bisa menyampaikan laporan batas batas wilayah desa masing masing, baik yang bermasalah maupun yang tidak bermasalah. mulai dari tingkat Kepenghuluan/ Kelurahan bahkan ditingkat antar kecamatan, sehingga dengan begitu baru bisa diselesaikan dengan penetapan batasan melalui peraturan Bupati.

 Terlepas dari hal itu, saat ini dalam sorotan publik ikut menyoroti terkait persoalan penetapan batas wilayah antar desa di Rohil yang melibatkan dua desa diantaranya wilayah kepenghuluan Suak Temanggung dengan Kepenghuluan Pedamaran Kecamatan Pekaitan.

Dari pengakuan salah satu tokoh masyarakat setempat saat diwawancarai wartawan persoalan penetapan tapal batas antara dua desa tersebut sebelumnya telah dibahas bersama pihak Tapem Rohil namun belum menemukan kepastian alias belum tuntas sehingga peninjauan titik Koordinat desa perlu kembali dilakukan.

"Sebelumnya persoalan tapal batas antara Kepenghuluan Suak Temanggung dan Pedamaran Kecamatan Pekaitan baru baru ini telah kami sampaikan dan dibahas bersama pihak Tapem Rohil, namun belum kelar sehingga hari ini kita bersama sama turun kembali melengkapi data data untuk bahan penetapan tapal batas desa, baik itu seperti menentukan kesepakatan antar kedua pihak terkait soal titik Koordinat berdasarkan dokumen yang ada," Kata Najamuddin AS tokoh masyarakat Kepenghuluan Suak Temanggung, Sabtu (05/11/2022).

Dari penuturannya, Najamuddin menyebutkan asal usul berdirinya desa Suak Temanggung dan Pedamaran tersebut diperkirakan telah ada ditahun 1925 dan penetapan tapal batas antara dua desa telah dituangkan dalam berita acara pada tahun 1974 silam.

Namun demikian, ikut peninjauan titik Koordinat tersebut Najamuddin selaku tokoh masyarakat menyampaikan kedua belah pihak memberikan pernyataan sepakat bahwa berdasarkan dokumen yang ada memastikan bahwa tapal batas yang telah disepakati oleh masing masing desa yang dituangkan dalam berita acara pada 29 November 1974 oleh Datuk Adam Penghulu Suak Temanggung dan Datuk Arifin Penghulu Pedamaran dikala itu telah selesai dan telah ditandatangani oleh Camat Bangko Naskari B.A., dan itu bener bener ada dijumpai.

" Alhamdulillah, peninjauan tapal batas hari ini akhirnya menemukan kata sepakat, kami berikan apresiasi kepada pihak Kecamatan dan pemerintah desa serta pihak pihak terkait, dan harapan Kami kedepan kepada pihak Tapem Rohil untuk segera menetapkan tapal batas yang kami maksud,"Kata nya lagi.

Najamuddin yang ikut menyaksikan langsung peninjaun titik koordinat tapal batas antara dua desa tersebut sampai selesai mengakui hanya untuk melihat keabsahan dokumen yang ada dan semata mata untuk memudahkan agar penegasan penetapan tapal batas oleh Pemerintah Daerah melalui pihak Tapem Rohil dapat dilaksanakan secepat mungkin.

 " Kami melakukan peninjauan tapal batas bersamaan dimulai dari titik Koordinat dari utara ke selatan yang mana berdasarkan dokumen disebutkan kayu ara besar tepi sungai Pedamaran itu kami temui selanjutnya diteruskan ke selatan menuju Danau Bulut juga kami temui seterusnya menuju Pondok Tobo dan itu kami temui dan selanjutnya kami menyetujui bersama sama untuk menentukan titik Koordinat penetapan tapal batas dan itu tinggal selangkah persoalan tapal batas Suak Temanggung - Pedamaran tinggal menunggu hasil keputusan dari pihak pemerintah daerah yang akan disampaikan ke pihak Tapem Rohil," Kata Najamuddin lagi.

Senada disampaikan Auzar warga kepenghuluan Temanggung, terkait persoalan titik Koordinat dan penegasan penetapan tapal batas yang akan diajukan ke Tapem Rohil nanti dengan harapan segera mungkin di bahas dan diambil keputusan.

" Kami masyarakat Suak Temanggung berharap masalah tapal batas ini jangan bertele tele lagi, harus cepat tuntas," Kata Auzar.

Auzar bersama masyarakat yang lain dilokasi ikut menyampaikan ucapan terimaksih kepada dukungan pihak pemerintah Kecamatan dan pihak pemerintahan desa masing masing yang mana persengketaan persoalan tapal batas telah menguras pikiran, tenaga bahkan menguras kocek dengan waktu yang panjang akhirnya dizaman Camat Mawardi dapat menemukan kata sepakat.

Masih dilokasi yang sama mewakili pihak desa Pedamaran Wan As'ari Datuk Penghulu menyampaikan terkait peninjauan titik Koordinat tersebut baik dari tokoh masyarakat desanya sendiri dan tokoh masyarakat desa Pedamaran tidak ada perdebatan dan selanjutnya hasil dari kesepakatan yang dibuat ia mengatakan hal itu akan disampaikan kepada pihak Tapem Rohil.

Sementar, Camat Pekaitan Mawardi, S.Pd., pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terimaksih kepada semua pihak yang ikut melakukan peninjauan titik Koordinat terkait persoalan penetapan batas wilayah antara dua desa yang dimulai dari pagi hingga sore hari dapat berjalan dengan lancar.

Camat Pekaitan juga menegaskan kepada pihak pihak yang bersangkutan khususnya kepada masyarakat terkait untuk tidak heboh dan bisa menahan diri sebelum keputusan soal tapal batas diputuskan oleh pemerintah daerah.

"Harapan Kami kepada masyarakat jangan heboh, dapat menahan diri, kerna persoalan tapal batas ini adalah tanggungjawab pemerintah Kabupaten, kami sudah berusaha semaksimal mungkin, dan hari ini juga mendapatkan kesepakatan semua pihak sebagaimana keputusan terdahulu kayu ara sudah ditemukan dan kami telah menentukan titik Koordinat danau bulat, danau besar kemudian pondok tobo dan hal hal lain sudah ditemukan, kami pihak Kecamatan hanya memfasilitasi dan meneruskan ke Tapem Rohil,"Kata Camat.

Sambungnya lagi, Kami juga berharap kepada  masyarakat kedepannya permasalahan permasalahan seperti ini tidak terulang lagi, dan harapan Kami bagaimana kita saling membangun Kecamatan Pekaitan khususnya Kabupaten Rokan Hilir untuk lebih maju dan lebih Jaya kedepannya," Ajak Camat Pekaitan.

Terpisah Datuk Penghulu Suak Temanggung Kartono saat dikonfirmasi wartawan mengatakan peninjauan titik Koordinat persoalan tapal batas wilayah antara suak Temanggung dengan Pedamaran merupakan tindaklanjut dari hasil rapat dikantor Bupati bersama pihak Tapem Rohil beberapa waktu lalu.

Dari hasil rapat tersebut, Kartono menjelaskan kedua belah pihak diharuskan turun kelapangan secara langsung melakukan peninjauan kembali bukti bukti fisik yang mengarah kearah perbatasan.

"Alhamdulillah dari tadi pagi kami dari pihak Kepenghuluan Suak Temanggung, Kepenghuluan Pedamaran dan difasiltasi pihak Kecamatan juga turun bersama sama seharian melakukan peninjauan, dan sudah ditemukan titik titik tersebut," Kata Kartono.

 Mudah mudahan, sambung Kartono, Kedepannya ini menjadi acuan bagi pemerintah Kabupaten untuk menentukan tapal batasnya, dan juga kami berharap ada keputusan keputusan yang sesuai dengan apa yang kami turun dilapangan hari ini, biar tidak ada yang dirugikan bagi kedua belah pihak, kerna dari gambaran tadi kami turun sepertinya sudah mengarah ketitik jelas, mudah-mudahan Allah SWT memberi rhido bahwa hal itu menjadi positif menjadi kepastian dalam penetapan tapal batas," Tutup Kartono mengakhiri.

Dari pantauan awak media pinjauan titik Koordinat bersama tokoh masyarakat terkait persoalan penegasan penetapan tapal batas antara Suak Temanggung dengan Pedamaran tampak di hadiri dan disaksikan langsung oleh Camat Pekaitan Mawardi, S.Pd., Tim titik Koordinat Kecamatan Pekaitan M. Kholil, S.Pd. bersama Taufik Irffandi, S.Pd., Datuk Penghulu Suak Temanggung Kartono, Datuk Penghulu Pedamaran Wan As'ari, BPKep Pedamaran Bakir Jainal, Tokoh Masyarakat Suak Temanggung Makmur serta lainnya.(eri/rd)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :