Pengurus MKA dan DPH LAM Rohil Periode 2022-2027 Resmi Dikukuhkan


Dibaca: 2079 kali 
Senin,17 Juli 2023 - 15:10:25 WIB
Pengurus MKA dan DPH LAM Rohil Periode 2022-2027 Resmi Dikukuhkan

Rohil - trikriau.com - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP hadiri pengukuhan pengurus Majelis Kerapatan Adat (MKA) dan Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rohil periode 2022-2027, Senin (17/7/2023).

Pengukuhan pengurus MKA dan DPH LAM Riau Kabupaten Rohil yang dipusatkan di kantor LAM, Jalan Kecamatan, Batu Enam tersebut secara langsung dilakukan oleh ketua MKA LAM Riau Datuk Seri Marjohan Yusuf.

Usia dilantik, kemudian dilanjutkan dengan acara adat tepuk tepung tawar yang diawali oleh ketua MKA Riau dan dilanjutkan oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong.

Tampak hadir Asisten II Pemrov Riau Job Kurniawan, mantan Gubernur Riau Saleh Djasit, unsur forkopimda dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Rohil.

Ketua umum MKA LAM Rohil Nasrudin Hasan dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Bupati dan seluruh jajaran yang telah memberikan dukungan sehingga pengukuhan LAMR Rohil dapat dilaksanakan.

Dia menilai adanya pergeseran nilai budaya yang terjadi saat ini, untuk itu peran LAMR ke depannya ambil bagian khususnya di dunia pendidikan agar nilai budaya dapat ditanamkan di sekolah-sekolah.

Kemudian itu, menyikapi warkah LGBT menurut Datuk Nasrudin merupakan perilaku yang menyimpang dan tidak sesuai dengan nilai-nilai agama Islam, "Kami mendukung sepenuhnya warkah LAM Riau, yang kita perangi adalah perilaku yang menyimpang itu," tegas Nasrudin.

Lebih lanjut, LAMR Rohil menghimbau kepada masyarakat kira semua agar berpandangan jauh kedepan dan tidak semata-mata memandang hidup masa kini, agar nasib anak cucu harus dipikirkan.

Tokoh masyarakat Riau Saleh Djasit SH menyampaikan, bahwa resam Melayu di bumi seribu kubah ini harus dibangkitkan kembali. Sebagai mana adat istiadat Melayu yang sejak dulu ada, maka sekarang ini harus di lestarikan.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus MKA LAMR Kabupaten Rohil yang telah dikukuhkan, mudah-mudahan kedepan LAMR Rohil bisa bekerjasama dengan baik dan tentu menjaga marwah Melayu di negeri ini.

"Kami telah membuat satu Perda tentang adat istiadat yang mengatur banyak hal. Karena adat lebih lembut dari aturan, dan terbentuklah Perda tentang Pilpeng," ucapnya.

Disebutkan Afrizal, bahwa masyarakat Melayu itu ramah-ramah dan tidak memandang suku apapun yang datang, "Kita harus duduk bersama bagaimana memikirkan daerah kira ini. Sebagai bupati saya ingin Adat ini di lestarikan, jangan hanya LAM ini mengurus nikah saja, kami ingin LAM bekerja sesuai dengan fungsinya melestarikan dan menjaga Adat Melayu," imbuhnya.

Kemudian itu, bupati meminta kepada LAM selaku orangtua yang dituakan jangan menjadi penonton di negeri sendiri, "Harapan kami dengan terbentuknya LAM ini masyarakat kita tidak menjadi penonton dan ekonominya terpenuhi. Tentunya harus mampu bersaing dengan masyarakat luar maka dari itu kita harus kompak," ungkapnya.

Terpisah, Ketua Harian LAMR Provinsi Riau Marjohan Yusuf, mengucapkan tahniah kepada pengurus LAM Rohil yang baru saja dikukuhkan, bagaimana kedepan dapat bekerja sama.

"Terima kasih kepada Bupati Rohil yang telah mendukung penuh sehingga pengukuhan ini bisa dilaksanakan dengan begitu meriah," ucap Marjohan.

Dikatakan lagi, di bumi Melayu ini selalu terbuka dengan siapapun yang datang, hanya keterbukaan Melayu bukan berarti tidak ada penangkis, maka agama dan adat salah satu penangkisnya.

"Kita berharap pengurus yang baru di kukuhkan agar merekat kan yang terburai, mempersatukan seluruh elemen LAM dengan memfungsikan rumah musyawarah dalam mengambil tunjuk ajar," pungkasnya.(jun)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :