*Pembekalan

Bupati : Calon penghulu Jangan Lakukan Money politik


Dibaca: 1435 kali 
Rabu,13 September 2023 - 14:38:11 WIB
Bupati : Calon penghulu Jangan Lakukan Money politik

ROHIL - trikriau.com – Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar Kegiatan pembekalan Adat Bagi Bakal Calon penghulu pada pemilihan penghulu (pilpeng) serentak Tahap I se -kabupaten Rokan Hilir Tahun 2023.

Kegiatan pembekalan Adat bagi calon penghulu dibuka secara resmi oleh Bupati Rohil Afrizal sintong. SIP, senin (12/6/23) dikantor lembaga Adat Melayu Riau Rohil Bagansiapiapi.

Hal itu digelar oleh LAMR Rohil agar seluruh para calon Penghulu dari 23 Kepenghuluan yang mengikuti Pilpeng serentak wajib mendapatkan Warkah Melayu dari LAMR sebagai calon Penghulu sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Perda Nomor 7 Tahun 2022.
Pada kesempatan itu dalam sambutannya Bupati Rohil mengajak seluruh calon Penghulu yang akan bertanding untuk mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan. Salah satunya, Bupati Rohil mengajak agar calon Penghulu tidak melakukan money politik atau politik uang.

“Kemarin saja baru calon BPKep saya dapat informasi banyak yang jor joran main uang. Oleh sebab itu saya mengajak seluruh calon Penghulu untuk mengikuti aturan main. Jangan kita cederai demokrasi ini dengan politik uang,” Ungkap Afrizal sintong.

Selain itu, Bupati juga meminta kepada seluruh calon Penghulu maupun tim sukses nya untuk sama-sama menjaga kondusifitas di wilayahnya masing-masing agar pelaksanaan pemilihan serentak ini dapat berjalan aman dan lancar.

Disamping itu, Bupati Rohil juga mengucapkan terimakasih kepada DPRD Rohil dan LAMR yang telah maraton secara bersama menggelar rapat agar para calon Penghulu diwajibkan mendapatkan Warkah dari LAMR Rohil sebagai salah satu persyaratannya.

“Dengan adanya Warkah ini, maka adat istiadat Melayu di bumi ini akan semakin dijunjung tinggi dan budaya Melayu semakin bisa terus berkembang,” harap Afrizal simtong.

Sementara itu Ketua MKA LAMR Rohil Nasrudin Hasan juga memberikan apresiasi kepada Bupati Rohil Afrizal Sintong yang telah memberikan dukungan kepada LAMR Rohil agar setiap calon penghulu wajib mendapatkan Warkah dari LAMR Rohil.

Dikatakan Nasrudin, Warkah tersebut merupakan pengetahuan tentang adat istiadat Melayu. Sehingga dengan mengikuti pembekalan ini, diaharapkan para calon Penghulu akan semakin memahami tentang sejarah Melayu di Rohil serta mengetahui afat istiadat Melayu dalam kehidupan sehari-hari. (jun/rd)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :