*Tingkatkan PAD

Pemkab Rohil Akan Garap Pariwisata Cagar Budaya


Dibaca: 8739 kali 
Senin,29 Februari 2016 - 14:18:11 WIB
Pemkab Rohil Akan Garap Pariwisata Cagar Budaya Plt. Surya Arfan

BAGANSIAPIAPI -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) akan meningkatkan Pendapatan Asil Daerah (PAD) pada mengembangkan cagar budaya yang ada dinegeri seribu kubah. Pasalnya, pengembangan terhadap Aset bersejarah itu dinilai dan sangat diyakini mampu meningkatkan PAD disektor kepariwisataan.

"kita akan mulai mengembangkan cagar budaya yang ada dirohil untuk meningkatkan PAD pasca terjadinya penurunan Dana Bagi Hasil (DBH) ditahun ini. Karena pengembangan aset bersejarah berupa cagar budaya selain mampu meningkatkan PAD juga merupakan salah satu visi dari Bupati rohil untuk mengembangkan daerah disektor kepariwisataan, "kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi, Minggu (28/2) melalui Sambungan selulernya.

Diterangkan, Visi dari Bupati Rohil untuk mengembangkan sektor kepariwisataan sebagai salah satu langkah dan upaya pemerintah untuk melestarikan berbagai aset bersejarah dan budaya daerah yang salah satunya adalah cagar budaya. Untuk mewujudkan visi tersebut, dalam waktu dekat dirinya akan berkoordinasi dan meminta petunjuk dari bupati Rohil terkait langkah dan upaya apa yang akan diambil untuk menjaga aset-aset bersejarah yang ada dinegeri seribu kubah ini agar kedepannya tidak terusik oleh pihak lain, "kata Surya Arfan.

Dilanjutkan, pemkab Rohil kedepannya katanya akan memasangkan plang nama disetiap aset-aset bersejarah agar tidak diusik oleh pihak lain. Nah, Aset-aset bersejarah itu nantinya secara bertahap akan kita kembangkan sebagai tempat objek wisata. Mengenai aset bersejarah berupa tiang pelabuhan Sei Garam, Bagansiapiapi tempo Doele yang dibongkar oleh Pihak Bea Cukai juga akan kita bicarakan dengan Bupati Rohil untuk meminta petunjuk langkah apa yang akan diambil.

"informasinya Anggota DPRD Propinsi Riau asal Rohil, Siswaja Muldjadi telah berkomunikasi dengan Dirjen Bea Cukai pusat dijakarta terkait pembongkatan tiang pelabuhan tempo Doele yang dibongkar pihaknya untuk pembangunan Rumah Dinas (rumdis). Pihak BC bersedia menukar gulingkan lahan tersebut dengan pemkab Rohil sesuai dengan prosedur yang ada, "pungkas Surya Arfan. (adv/hms/met)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :