*Kejar PAD

Pemkab Rohil Siapkan Sarana Transportasi ke Pulau Jemur


Dibaca: 12412 kali 
Rabu,17 Februari 2016 - 09:37:17 WIB
Pemkab Rohil Siapkan Sarana Transportasi ke Pulau Jemur Plt. Surya Arfan

BAGANSIAPIAPI - Pemkab Rokan Hilir (Rohil) dalam waktu dekat akan membeli sarana transportasi berupa speed boat dengan kapasitas yang mampu membawa 100 penumpang. Pembelian Speed boat ini dikarenakan letak pulau itu sangat jauh dari ibukota Kabupaten dan berbatasan langsung dengan Pork klang, Malaysia.

"tahun ini kita akan fokus untuk memaksimalkan potensi wisata yang ada sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan asil daerah (PAD). Kebijakan ini dilakukan sebagai langkah strategis untuk meningkatkan keuangan daerah mengingat terjadinya penurunan dana bagi hasil (DBH) minyak bumi dan gas yang diterima rohil setiap tahunnya, "kata Plt Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi, Selasa (16/2) di Bagansiapiapi.

"Kita harus mengembangkan objek wisata yang ada, tren penerimaan DBH terus berkurang. Kita bisa lihat apa yang terjadi dipropinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang mengalami pengurangan DBH dari Rp312 miliar tinggal Rp12 miliar saja, bayangkan berapa yang hilang, "ujar Surya Arfan.

Menggantungkan pendapatan dari dana perimbangan, terang Surya Arfan sudah sangat riskan. Karena itu pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan dinas satker terkait bagaimana melakukan upaya pengembangan objek wisata, pembenahan infrastruktur dan fasilitas yang diperlukan.

Lokasi pasar di lingkungan depan jembatan Pedamaran akan diaktifkan sesuai dengan fungsinya. "pasar yang ada dijebatan pedamaran akan kita jadikan pasar sentral oleh-oleh khas Rohil, souvenir dengan harapan sejumlah pedagang makanan, minumanm produk khas Rohil akan pindah ke sana," katanya.

Untuk Pulau jemur pemkab Rohil akan coba sediakan fasilitas sarana transportasi untuk ke pulau Jemur, harus ada sarana angkutan berupa ferry atau speed boat yang bisa membawa penumpang pulang pergi (PP) dari Bagansiapiapi kepulau Jemur, sehingga setiap wisatawan dapat bepergian dengan mudah, "pungkasnya. (adv/hms/met)
 


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :