Pemkab Rohil Segera Bentuk Tim Terpadu Aset Sejarah


Dibaca: 9684 kali 
Selasa,01 Maret 2016 - 12:22:58 WIB
Pemkab Rohil Segera Bentuk Tim Terpadu Aset Sejarah Suyatno

BAGANSIAPIAPI - Agar Aset sejarah yang ada dinegeri seribu kubah tidak diusik oleh oknum-oknum yang jahil dan tidak bertanggungjawab, pemerintah kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) akan membentuk Tim terpadu yang khusus untuk menangani cagar Budaya, situs sejarah, candi dan aset sejarah lainnya.

"kita akan bentuk tim terpadu yang khusus menangani aset sejarah dinegeri seribu kubah, dimana tim itu nantinya terdiri dari kejari Bagansiapiapi, Disparpora, kepolisian, Satpol PP, Ahli Budaya dan instansi terkait lainnya, "kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp, Selasa (1/3) di Mess Pemkab Rohil, Jalan perwira, Bagansiapiapi.

Mengenai tiang eks pelabuhan sei garam yang dibongkar dan dipotong-potong oleh pihak kantor pengawasan pelayanan bea cukai (KPPBC) tipe Pratama bagansiapiapi telah kita minta untuk mengembalikan wujud aslinya. "kita telah minta KPPBC untukmenyambungkan kembali besi-besi yang telah dipotong tersebut agar cagar budaya itu bisa kita kembangkan sebagai objek wisata Rohil, "katanya.

Menurutnya, tiang eks pelabuhan sei garam itu telah masuk salah satu cagar budaya yang harus dilindungi. "KPPBC sebelum membongkar harusnya menghormati budaya, adat istiadat dan leluhur daerah setempat, kalau memang mau membangun Rumdis kita akan siapkan lahan didaerah perkantoran batu enam, kalau perlu kita bangunkan kantor beserta Rumdisnya, "ujarnya berang.

Kalau pihak KPPBC nantinya bersedia menukargulingkan lahan tersebut, maka kantor KPPBC yang lama akan kita kembangkan dan dijadikan sebagai tempat objek wisata. "yang sudah tu sudahlah, kita tidak menyalahkan siapapun. Intinya kita minta KPPBC untuk segera mengembalikan wujud asli tiang eks pelabuhan sei garam itu yang telah diporak-porandakannya, "pintanya.

Diakui Suyatno, memang KPPBC perpanjangtangan dari kementrian, namun sebelum melakukan pembongkaran tentunya terlebih dahulu melakukan koordinasi kepada pemkab setempat. "dengan ada koordinasi tentunya akan ada jalan terbaik, dengan begitu tentunya tidak akan ada pihak yang dirugikan dan dikecewakan, "pungkasnya. (adv/hms/met)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :