AS dan India Lakukan Kerjasama Lawan Kapal Selam China


Dibaca: 13247 kali 
Rabu,04 Mei 2016 - 15:44:47 WIB
AS dan India Lakukan Kerjasama Lawan Kapal Selam China int

NEW YORK - Pemerintah Amerika Serikat (AS) dikabarkan sedang mencari sekutunya di Asia untuk melakukan kerja sama dalam rangka mencegah meningkatnya pengaruh Beijing. Setelah melakukan latihan militer dengan sejumlah negara dengan Laut China Selatan (LCS), AS saat ini berharap dapat melakukan kerja sama dengan India.

Menurut seorang pejabat militer, AS dan India saat ini tengah dalam pembicaraan untuk mengordinasikan usaha untuk mencegah teknologi kapal selam di Samudera Hindia, dan juga mencegah kapal China untuk memasuki wilayah tersebut.

“Pembicaraan ini bertujuan untuk membangun blok untuk mendukung hubungan antar angkatan laut. Kita berharap dapat membangun kekuatan militer untuk melawan teknologi kapal selam pada masa yang akan datang,” ujar seorang pejabat militer, sebagaimana dikutip dari Sputnik, Selasa (3/5/2016).

India sebelumnya dikabarkan enggan untuk bergabung dalam kerja sama dengan militer AS. Tapi, pada akhir bulan ini, Pemerintah India setuju untuk membuka basis militer untuk digunakan oleh Pentagon. Sebagai imbalan, AS setuju untuk memberikan kepada India teknologi senjata untuk menyaingi peralatan militer China.

Kedua negara baru-baru ini juga dilaporkan berpartisipasi dalam latihan militer bersama. Menurut seorang pejabat angkatan laut India, latihan tersebut bertujuan untuk melawan teknologi kapal selam.(nt/red)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :