Dewan Sebut Pemko Pekanbaru Lemah Lakukan Pengawasan, Karena Harga Sembako Melonjak


Dibaca: 3235 kali 
Jumat,18 Desember 2020 - 10:21:29 WIB
Dewan Sebut Pemko Pekanbaru Lemah Lakukan Pengawasan, Karena Harga Sembako Melonjak

PEKANBARU - Menyikapi banyaknya keluhan masyarakat tekait melambungnya sembilan bahan pokok (sembako) direspon serius oleh Muhammad Sabarudi. Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru ini menilai Pemko Pekanbaru belum kuat dalam melakukan pengawasan.

"Kalau saya lihat belum kuat (pengawasan). Jika adanya pengawasan yang kuat dari Pemko Pekanbaru, maka distributor ataupun pemasok sembako di Pekanbaru tidak semena-mena dalam menaikan harga," ungkap Sabarudi, Jumat (18/12/2020).

Menurut Politisi PKS ini lagi, salah satu solusi yang ditawarkan Pemko yakni dengan adanya pasar induk. "Solusinya pasar induk, tapi saat ini pembangunan pasar induk juga lagi bermasalah," ungkap Sabarudi lagi. "Bahan pokok yang sudah diketahui naik harus dikontrol, agar kenaikannya tidak liar," jelasnya.

Terpisah, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi turut merespon terkait lonjakan harga sembako di pasar-pasar tradisional di Pekanbaru. Menurut Ayat, pihaknya sudah mengintruksikan agar dinas-dinas terkait menerapkan berbagai strategi untuk dapat mengendalikan harga sembako.

"Harus ada kegiatan untuk mengendalikan harga, di Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) sebenarnya sudah ada kegiatan pasar di kantornya. Mungkin nanti volume akan ditingkatkan untuk mengendalikan harga," ujar Wakil Walikota Ayat Cahyadi.

Ayat juga menjelaskan perusahaan daerah milik Pemko Pekanbaru yakni PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP) melalui anak perusahaannya yaitu PT Sarana Pembangunan Madani (SPM) juga ikut menjaga kestabilan harga sembako dengan cara menanam cabai.

Ayat juga mengakui bahwa saat ini selain harga telur, harga cabai merah juga tengah melambung tinggi. Karena itu nanti Pemko Pekanbaru juga akan menggandeng Bulog untuk melakukan operasi pasar.

"Namun nanti jika operasi pasar harus tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19," pungkasnya.


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :