Ini Penjelasanya, Hukum Menahan Kentut Ketika Shalat atau Setelah Wudhu?


Dibaca: 29636 kali 
Sabtu,07 Mei 2016 - 11:34:32 WIB
Ini Penjelasanya, Hukum Menahan Kentut Ketika Shalat atau Setelah Wudhu? ilust

Pertanyaan:
Assalamualaikum. Saya ingin tahu apakah menahan kentut ketika shalat atau setelah wudhu dapat membatalkan wudhu?

Saya tidak tahu apakah ada perbedaan di antara empat mahzab, tetapi saya ingin tahu bagaimana pendapat Mahzab Maliki dan mahzab lainnya tentang hal ini.


Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, diketuai oleh Syeikh Abdullah Faqih Asy-Syinqiti
Segala puji hanya bagi Allah, Raab semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Illah yang hak untuk diibadahi kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.

Menahan kentut tidak membatalkan wudhu, juga tidak membatalkan salat. Menahan kentut tidak berpengaruh terhadap salat selama tidak dikeluarkan.

Mayoritas ulama, termasuk Mahzab Maliki, berpendapat bahwa salat seseorang yang menahan kencing, poop, atau kentut adalah sah, dan makruh hukumnya memulai salat dalam kondisi seperti itu (menahan kencing, poop, atau kentut), sesuai dengan sabda Rasulullah ??? ???? ???? ???? riwayat Imam Muslim tentang salat seseorang yang ingin buang hajat.

Mahzab Maliki berpendapat bahwa salat yang dilakukan oleh seseorang yang menahan kencing, poop, atau kentut adalah sah selama dirinya tidak menahannya sampai tingkatan di mana dirinya tidak dapat melaksanakan rukun-rukun salat dengan benar atau harus berjuang menahannya dalam kepayahan untuk melakukannya (rukun-rukun salat).

Di dalam kitab Fikih Mahzab Maliki, Haashiyat Al-?Adawi ?ala Al-Kharashi, tertulis:

"....atau jika ia melakukan rukun-rukun salat, tetapi tidak sesuai dengan syaratnya, seperti ketika seseorang sengaja berdiri dengan pinggul atau pahanya yang terlalu didekatkan (karena menahan kencing, poop, atau kentut) dan melaksanakan salat dengan kepayahan... Jika orang yang salat tadi menahannya secara penuh selama salat, maka hal itu membatalkan salatnya; tetapi jika sifatnya hanya sementara (datang dan pergi), maka orang tersebut tidak wajib mengulangi salatnya..."

Bila ingin memiliki  karya beliau dari  kumpulan jawaban jawaban dari Ustadz Sigit Pranowo LC di Rubrik Ustadz Menjawab , silahkan kunjungi link ini :

Resensi Buku : Fiqh Kontemporer yang membahas 100 Solusi Masalah Kehidupan.(nt/rd)


Akses trikriau.com Via Mobile m.trikriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jl. Soekarno-Hatta ,Komplek Cemara Gading-Pekanbaru, Riau
TELP / HP : 0853-7522-3890
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :